Indonesia Kekurangan Ahli Bedah Mulut

Written By Unknown on Sabtu, 17 November 2012 | 10.30

Sabtu, 17 November 2012 | 05:22 WIB

TEMPO.CO , Denpasar: Upaya melayani masyarakat yang membutuhkan operasi bedah mulut masih terkendala minimnya jumlah ahli bedah. Saat ini, Indonesia hanya memiliki 285 ahli bedah. Padahal kebutuhannya minimal sebanyak 1.000 orang.

Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengatakan, pihaknya terus berusaha meningkatkan jumlah itu. "Pada 2014 diharapkan sudah sebanyak 3.400 ahli bedah mulut," ujarnya, Jumat, 16 November 2012, usai membuka Kongres Asian Association of Oral and Maxillofasial Surgeons (AAOMS) di Kuta.

Peningkatan itu untuk mendukung pencapaian target pemerintah yang pada 2013 menginginkan sebanyak 86,4 juta warga dapat terlayani untuk operasi bedah mulut dan maksilofasial. Pemerintah terus mendorong lewat pendidikan beasiswa untuk penyiapan mereka di beberapa kampus seperti UGM dan Unpad Bandung.

Selain itu, pemerintah daerah juga diharapkan memberikan beasiswa kepada putra daerahnya untuk menempuh studi menjadi ahli bedah. Setelah lulus, penerima beasiswa diharapkan bisa mengabdikan diri ke daerah masing-masing.

"Warga miskin dan sangat miskin berhak mendapatkan pelayanan medis termasuk untuk bedah mulut dan maksilofasial (celah bibir dan langit-langit, dental implant, infeksi, trauma, onkologis, sendi temporomandibular)," ujarnya.

Pada 2011sebanyak 76,4 juta warga telah mendapat pelayanan itu. Mereka yang mengalami gangguan pada mulut dan maksilofasial seperti kanker, dijamin mendapat pelayanan itu di tempat-tempat yang menjadi pusat program itu.

Di kawasan Asia, Indonesia termasuk negara yang dinilai maju dalam teknologi dan peralatan serta rehabilitasi bedah mulut dan maksilofasial bersama India dan Amerika Serikat.

ROFIQI HASAN

Berita lain:
Hati-hati dengan Suplemen Multivitamin 
Waspadai Penuaan pada Sistem Kekebalan Tubuh 
Hati-hati! Pukul Anak Bisa Berujung Kanker 
Teknologi Bayi Tabung Kian Menjanjikan 
Melatih Imajinasi Anak dengan Pancake  


Anda sedang membaca artikel tentang

Indonesia Kekurangan Ahli Bedah Mulut

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2012/11/indonesia-kekurangan-ahli-bedah-mulut.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Indonesia Kekurangan Ahli Bedah Mulut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Indonesia Kekurangan Ahli Bedah Mulut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger