Sekolah Diminta Tarik LKS Bahasa Jawa Bermasalah

Written By Unknown on Senin, 12 November 2012 | 10.30

Senin, 12 November 2012 | 10:07 WIB

TEMPO.CO, Kudus- Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kudus menyatakan tidak memiliki kewenangan menarik buku lembar kerja siswa (LKS) Bahasa Jawa yang dinilai bermasalah. "Penarikan itu bukan wewenang kami. Sesuai dengan kurikulum, sekolah memiliki kewenangan memilah langsung buku LKS/ buku ajar mereka," kata Sujatmiko, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kudus, Ahad 11 November 2012.

Menurut dia, dengan diterapkannya kurikulum tingkat satuan pendidikan, sekolah diberi wewenang menyeleksi sendiri lembar kerja siswa ataupun buku ajar yang akan dipakai sebelum diberikan kepada siswa. 

Buku pelajaran Bahasa Jawa itu merupakan lembar kerja siswa kelas III sekolah dasar. Di dalam buku tersebut terkandung materi yang tidak layak diajarkan. Di buku itu terdapat kata-kata yang tidak pantas menjadi materi pelajaran.

Materi tidak layak itu di antaranya terdapat dalam halaman 4 dan 5. Dalam percakapan berjudul "Resepe Simbah" digambarkan seorang pemuda menanyakan resep awet muda kepada seorang kakek. Sang kakek lalu menjawab, "Nyimeng (nyabu) dan ngombe rong gendhul (mabuk)". 

"Kata-kata dalam buku itu sangat tidak pantas bagi anak sekolah. Ini, kan, kebiasaan buruk. Semestinya tidak dituangkan dalam buku," kata Rusmadi, Kepala SDN 1 Barongan, Kudus. Menurut dia, buku itu sudah ditarik dari siswa didiknya. 

Sujatmiko mengatakan dialog dalam LKS itu tidak mendidik. "Itu sangat menyesatkan. Kami meminta agar sekolah tidak menggunakan LKS tersebut karena akan merusak generasi," kata dia, yang mengaku belum menerima laporan ihwal sekolah mana saja yang memakai buku itu.

Menanggapi hal itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kudus meminta Dinas Pendidikan mengambil tindakan. "Dinas agar mengeluarkan kebijakan, agar buku ajar atau LKS yang digunakan sesuai dengan standar sehingga buku yang tidak sesuai dapat diminimalisasi," ujar Sutedjo, Ketua Komisi D DPRD Kudus. 

BANDELAN AMARUDIN


Anda sedang membaca artikel tentang

Sekolah Diminta Tarik LKS Bahasa Jawa Bermasalah

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2012/11/sekolah-diminta-tarik-lks-bahasa-jawa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sekolah Diminta Tarik LKS Bahasa Jawa Bermasalah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sekolah Diminta Tarik LKS Bahasa Jawa Bermasalah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger