OPM Serang Aparat di Jayapura  

Written By Unknown on Senin, 03 Desember 2012 | 10.30

Senin, 03 Desember 2012 | 10:13 WIB

TEMPO.CO, Jayapura - Baku tembak antara Tentara Pertahanan Nasional Organisasi Papua Merdeka (OPM) Distrik Pirime, di Kabupaten Lanny Jaya dan aparat keamanan kembali pecah, Senin, 3 Desember 2012, sekitar pukul 06.00 WIT.

Tak ada korban jiwa dalam baku tembak yang terjadi selama sekitar satu jam itu. "Kami sekarang ada serangan dalam kota di Lanny Jaya. Kami di atas gunung. Tidak ada korban dari pihak kami," kata Panglima Tinggi TPN OPM Distrik Pirime, Purom Okiman Wenda, Senin, 3 Desember 2012.

Ia mengatakan, anggotanya telah mengepung Tiom, ibu kota Lanny Jaya, dengan jumlah ratusan. Baku tembak sejak pagi tadi masih dalam rangka mendesak kemerdekaan Papua. "Kami sudah kepung di kota, nanti siapa yang jadi korban, dari pihak mana saja, saya akan kasih tahu," ujarnya.

Sementara itu, dari informasi yang berhasil dihimpun Tempo, akibat baku tembak, seorang pengojek di Tiom terkena peluru. Belum diketahui identitas warga tersebut. "Benar ada baku tembak. Laporan yang saya dapat begitu," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Papua, Ajun Komisaris Besar Polisi I Gede Sumertha Jaya.

Ia mengatakan pihaknya belum mendapat kronologi yang jelas penyerangan tersebut. "Kami masih menunggu, untuk jumlah korban, belum diketahui, nanti saya akan sampaikan," ucapnya.

Sebelumnya, kelompok Purom Okiman Wenda mengklaim sebagai pihak paling bertanggung jawab atas penyerangan dan pembakaran Markas Kepolisian Sektor di Distrik Pirime, Lany Jaya, Selasa, 27 November 2012. Tiga polisi tewas dalam insiden itu.

Wenda menjelaskan, penembakan terjadi pukul 06.30 WIT. Saat itu, salah seorang anggota Polsek Pirimie, Brigadir Polisi Jefri Rumkorem, hendak menaikkan bendera Merah Putih di depan halaman Polsek.

Seketika, ratusan anggota OPM bersenjata langsung menembak Jefri. Puluhan anggota OPM lainnya kemudian menerobos ke dalam Polsek dan menembak Briptu Daniel Mukuker. Adapun korban ketiga, Kepala Polsek Pirime, Ipda Rofli Takabesi, diberondong saat bersembunyi di kolong tempat tidur. Korban yang tak bisa berbuat apa-apa diserbu rentetan peluru.

JERRY OMONA

Berita terpopuler lainnya:
Indonesia Jadi Tuan Rumah Miss Universe  
Prancis Punya Masjid Gay Pertama
ITB Siap Kembalikan Uang Rp 10 Miliar ke Mahasiswa
Heboh Video Ahok, PRJ Belum Mau Berkomentar
Jangan Pernah Lakukan Ini di Korea Selatan 
Hashim Djojohadikusumo Jadi Pembina Partai Kristen


Anda sedang membaca artikel tentang

OPM Serang Aparat di Jayapura  

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2012/12/opm-serang-aparat-di-jayapura.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

OPM Serang Aparat di Jayapura  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

OPM Serang Aparat di Jayapura  

sebagai sumbernya

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kami berbelahsungkawa bagi pihak yang korban, mari pemerintah RI berdialog dgn rakyat papua supaya mengetahui apa yg diinginkan oleh rakyat papua.

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger