Dua Jembatan Putus Disapu Banjir

Written By Unknown on Sabtu, 16 Februari 2013 | 10.30

Badan Penagulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Bupati mesuji Khamami meyerahkan bantuan sembako dan obat-obatan bagi korban banjir di Kampung, Tebing Tinggi, Mesuji, Lampung, Sabtu (2/2). ANTARA/Dedi Irawan

Sabtu, 16 Februari 2013 | 09:16 WIB

TEMPO.CO, Lampung: Akses  yang menghubungkan Lampung Tengah dan Kabupaten Pringsewu terputus gara-gara jembatan ambruk setelah diterjang banjir bandang.  "Arus banjir  menggerus pondasi  jembatan," kata Muhammad Badri, warga Banjar Sari, Kecamatan Anak Tuha, Sabtu 16 Febuari 2013.

Putusan jembatan itu membuat warga di Kecamatan Anak Tuha Lampung Tengah kesulitan untuk  menjual hasil bumi ke Kabupaten Pringsewu. Begitu juga sebaliknya. Mereka terpaksa harus mencari jalan memutar yang jaraknya  lebih dari 40 kilometer melalui  Jalan Lintas Sumatera,  Bekri, Bangun Rejo, dan  kemudian menuju Kalirejo Pringsewu.

Hari ini  masyarakat Desa Banjar Sari bergotong royong membangun jembatan darurat. Hal yang sama juga menimpa jembatan di desa Margorejo, Kecamatan Padang Ratu, Lampung Tengah. Kedua jembatan yang ambruk ini menghubungkan dua sisi sungai Way Tatayan selebar 50 meter. "Kami  segera membuat jembatan darurat agar bisa aktvitas warga tidak terganggu," kata Wakil Bupati Lampung Tengah Mustofa.

Selain memutus jembatan, ratusan rumah di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Padang Ratu, Bangun Rejo dan Anak Tuha juga terendam banjir. Pemerintah, kata dia, kesulitan mendistribusikan bantuan terutama ke Kecamatan Anak Tuha karena akses jalan masih digenangi air. "Arus air dari sungai Way Tatayan yang tanggulnya jebol menyulitkan kami untuk menyalurkan bantuan. Sebagian rumah di daerah itu rusak diterjang air," katanya.

Banjir yang menerjang tiga kecamatan itu akibat air sungai Way Tatayan meluap karena curah hujan di hulu sungai yang berada di Kabupaten Tanggamus cukup tinggi. Warga mengaku masih khawatir banjir yang kini sudah mulai surut akan kembali meninggi jika curah hujan di daerah hulu masih tinggi. "Sementara tanggul yang melindungi desa kami belum juga diperbaiki," kata Suhartono, warga Anak Tuha.

NUROCHMAN ARRAZIE


Anda sedang membaca artikel tentang

Dua Jembatan Putus Disapu Banjir

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/02/dua-jembatan-putus-disapu-banjir.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dua Jembatan Putus Disapu Banjir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dua Jembatan Putus Disapu Banjir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger