Tiga Kali, Habibie Menolak Pindah ke Widya Chandra

Written By Unknown on Minggu, 03 Februari 2013 | 10.30

Minggu, 03 Februari 2013 | 10:15 WIB

TEMPO.CO, Jakarta -Mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie telah 38 tahun tinggal di rumah pribadinya di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Selama itu pula, sudah 3 kali ia diminta pindah dari sana. Permintaan pertama muncul kala ia ditunjuk sebagai Menteri Riset dan Teknologi.

Sejak dilantik pada 29 Maret 1978, ayah tiga anak ini diminta pindah ke rumah dinas menteri di kawasan Widya Chandra. Tapi Habibie emoh. Sebab ia tak yakin jabatannya sebagai menteri bakal bertahan lama. Apalagi, ketika itu Habibie telah memulai menyicil rumah dari PT Pertamina (Persero).

"Kalau pindah ke Widya Chandra, saya tidak tahun akan berapa lama jadi menteri," kata Habibie waktu Tempo berkunjung ke rumahnya, Rabu, 16 Januari 2013. "Misalnya jabatan menteri habis dalam dua tahun, lalu saya mau pindah ke mana?"

Karena suami mendiang Ainun ini menolak pindah, Menteri Sekretaris Negara Sudharmono pun memintanya menandatangani surat pernyataan. Isinya, Habibie menolak pindah ke Widya Chandra dan memilih tetap tinggal di rumah pribadi. "Saya juga bersedia tidak akan mempermasalahkan bila pemerintah berikan rumah di sana ke pejabat lain," ujar dia.

Permintaan kedua datang ketika Habibie menjabat sebagai wakil presiden, mendampingi Presiden Soeharto. Bahkan ketika itu, Pasukan Pengaman Presiden serta protokol istana menyambangi rumahnya. Mereka meminta Habibie pindah ke Istana Wakil Presiden di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Lagi-lagi Habibie tak mengacuhkan.

"Kalau saya harus bekerja selama 24 jam sehari, saya laksanakan. Tapi kalau ada yang menentukan di mana saya tidur, itu kebangetan," kata dia.

Soeharto pun sempat turun tangan, memerintahkan Habibie agar pindah kediaman. Kepada Habibie, Soeharto menyatakan bila sudah peraturannya bagi wakil presiden untuk tinggal di istana. Namun anak keempat dari delapan bersaudara ini tetap bersikeras. Dia tolak perintah itu. "Kalau Soeharto mau keluar dari Cendana, baru saya mau keluar dari Patra Kuningan," katanya.

Hingga akhirnya menjabat sebagai Presiden RI, 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999, Habibie tak juga ingin pindah kamar tidur. Dia setia dengan rumah yang diciclnya selama 20 tahun.  (Baca lengkap: Edisi Khusus Romantisnya Habibie)

CORNILA DESYANA

Berita Heboh Lain
Luthfi Diduga Berperan Besar Soal Suap Daging
Raffi Tersangka, 'Dunia Malam' Pindah ke Cawang 
Tertidur, Seorang Hakim Mengundurkan Diri  


Anda sedang membaca artikel tentang

Tiga Kali, Habibie Menolak Pindah ke Widya Chandra

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/02/tiga-kali-habibie-menolak-pindah-ke.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tiga Kali, Habibie Menolak Pindah ke Widya Chandra

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tiga Kali, Habibie Menolak Pindah ke Widya Chandra

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger