Ketua Umum Demokrat Keputusan Berat bagi SBY

Written By Unknown on Kamis, 28 Maret 2013 | 10.30

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (tengah) menyampaikan pidato dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) partai tersebut, di hotel Sahid, Jakarta, Minggu (17/2). TEMPO/Dasril Roszandi

Kamis, 28 Maret 2013 | 10:18 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Pol-Tracking Institute Hanta Yudha AR memperkirakan pelaksanaan Kongres Luar Biasa Partai Demokrat akan berjalan tanpa riak jika Susilo Bambang Yudhoyono bersedia menerima jabatan ketua umum. Namun, dia menyatakan, menerima jabatan ketua umum adalah keputusan yang berat untuk SBY.

"SBY adalah sosok yang mempertimbangkan citra," kata Hanta saat dihubungi Tempo, Kamis, 28 Maret 2013. Dia menjelaskan, SBY sengaja melempar wacana pencalonannya adalah untuk menguji reaksi publik.

Hanya menyatakan, sebenarnya dalam jangka panjang memilih SBY sebagai ketua umum tidak baik untuk Demokrat. Bisa saja untuk kepentingan jangka pendek, Partai Demokrat akan selamat. Tapi, di masa depan Demokrat akan semakin terjebak pada figur tertentu. "Ini bisa mereduksi Partai Demokrat," kata dia.

Menurut Hanta, tak hanya Demokrat yang dirugikan. Sebagai Presiden, fokus SBY akan terpecah untuk menstabilkan kondisi partainya yang sedang terseok. Akibatnya, publik dirugikan karena kegiatan SBY untuk kesejahteraan rakyat akan terbagi dengan kegiatan dalam mengurus Demokrat. "Publik tidak menghendaki kondisi itu terjadi," kata dia.

Kongres Luar Biasa Partai Demokrat akan dilangsungkan di Bali pada 30-31 Maret 2013. Kongres dihelat untuk memilih ketua umum setelah Anas Urbaningrum berhenti dari jabatannya. Anas ditetapkan sebagai tersangka kasus suap Hambalang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sebelumnya ada sejumlah nama yang menguat menjelang pelaksanaan kongres. Misalnya Wakil Sekretaris Jenderal Saan Mustopa yang dikenal sebagai orang dekat Anas. Selain itu ada pula nama Marzuki Alie, kandidat yang dikalahkan Anas pada Kongres 2010 di Bandung. Namun pada pertemuan di Cikeas Ahad lalu, ketua Dewan Pimpinan Derah justru mengusulkan nama SBY sebagai calon ketua umum.

WAYAN AGUS PURNOMO


Anda sedang membaca artikel tentang

Ketua Umum Demokrat Keputusan Berat bagi SBY

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/03/ketua-umum-demokrat-keputusan-berat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ketua Umum Demokrat Keputusan Berat bagi SBY

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ketua Umum Demokrat Keputusan Berat bagi SBY

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger