Pilkada Sumut Punya Sejuta Pemilih Bingung

Written By Unknown on Selasa, 05 Maret 2013 | 10.30

Selasa, 05 Maret 2013 | 08:44 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pusat Kajian Kebijakan dan Strategis (Puskaptis) menemukan 1 juta lebih pemilih yang belum menentukan sikap dalam pemilihan kepala daerah Provinsi Sumatera Utara. Mereka belum menentukan pilihan akan mencoblos siapa pada hari pencoblosan, Kamis, 7 Maret 2013.

"Suara mengambang ini menjadi penentu apakah pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2013 satu putaran atau lebih," kata Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yazid, kepada Tempo, Senin, 4 Maret 2013. Sebelumnya, KPU Sumatera Utara menetapkan jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap sebanyak 10,3 juta. "Swing voters persentasenya 12 sampai 15 persen dari persentase partisipasi 71 persen."

Lima pasang calon yang bertarung dalam pemilihan itu adalah Haji Amri Tambunan-R.E. Nainggolan (diusung Partai Demokrat), Gus Irawan Pasaribu-Soekirman (Partai Gerindra), Effendi Muara Sakti Simbolon-Djumiran Abdi (PDIP, PDS, dan PPRN), Chairuman Harahap-Fadly Nurzal (Golkar dan PPP), dan Gatot Pujo Nugroho-Tengku Erry Nuradi (PKS dan Hanura). Gatot adalah pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara sekarang.

Menurut Husin, pemilih mengambang ini akan menentukan pilihan menjelang hari pencoblosan. Husin mengungkapkan pemilih mengambang akan mengikuti isu dan pemberitaan media. "Kelima calon harus mengoptimalisasikan minggu tenang untuk menarik simpati mereka," kata Husin.

Hasil survei Puskaptis pada 24-28 Februarti 2013 menunjukkan bahwa tingkat partisipasi pada pencoblosan calon gubernur provinsi itu berkisar pada angka 70-71 persen. Sedangkan pemilih yang tak menggunakan hak suara diperkirakan 30 persen, didominasi umur produktif 30-50 tahun. Golongan putih ini, menurut dia, tersebar di 33 ibu kota kabupaten/kota. "Terbanyak, 10 persen berada di Kota Medan."

SOETANA MONANG HASIBUAN


Anda sedang membaca artikel tentang

Pilkada Sumut Punya Sejuta Pemilih Bingung

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/03/pilkada-sumut-punya-sejuta-pemilih.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pilkada Sumut Punya Sejuta Pemilih Bingung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pilkada Sumut Punya Sejuta Pemilih Bingung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger