Rakyat Aceh Dinilai Sudah Tangguh Hadapi Bencana

Written By Unknown on Sabtu, 16 Maret 2013 | 10.31

Sabtu, 16 Maret 2013 | 08:52 WIB

TEMPO.CO, Banda Aceh - Multi Donor Fund (MDF) meluncurkan laporan akhir terkait rekonstruksi Aceh, selama delapan tahun membantu pasca-tsunami. Lembaga itu mengklaim telah meletakkan dasar untuk tumbuh lebih kuat bagi masyarakat Aceh dalam menghadapi bencana di masa depan. "Yang paling penting (menghasilkan) masyarakat yang tangguh di Aceh dan Nias," ujar Manager MDF, Samima Khan, di Hermes Hotel, Banda Aceh, Jumat sore 15 Maret 2013.

Menurutnya, pasca-tsunami MDF telah membangun dan merehabilitasi 20.000 rumah, 500 kantor, 700 sekolah, lima pelabuhan, 600 kilometer jalan nasional dan provinsi dan 3.250 kilometer jalan kabupaten dan desa. Selain itu juga membangun ekonomi masyarakat dan penguatan kapasitas pemerintah dan warga.

Dana yang dikeluarkan sekitar US $630 juta atau sekitar Rp 6,1 triliun, yang berasal dari dana hibah dari 15 lembaga dan negara donor yang tergabung dalam MDF. Total hibah mencapai US $655 juta. "Ada kelebihan dana, belum ada keputusan dari donor, dikemanakan uang itu," ujarnya.

Asisten Gubernur Aceh, Said Mustafa mengharapkan walaupun program MDF telah berakhir sejak Desember 2012, tapi dapat terus membantu Aceh. "Kalau ada lebih dana, mungkin masih dapat dialokasikan di Aceh."

Sementara itu Aryawan S Poetro dari Bappenas menilai program MDF telah menghasilkan dampak yang baik bagi Aceh. "Program dapat menjadi model rekontruksi bencana di tempat lain."

Perwakilan Bank Dunia, James A Brumby menyatakan komitmennya untuk mendukung Aceh dan Indonesia dalam mengonsilidasikan pengalaman MDF. "Sehingga dapat menyelamatkan banyak nyawa dan meminimalkan kerusakan bila terjadi bencana di negara lain," ujarnya.

ADI WARSIDI

Berita Populer
Inilah Asal-usul Julukan Hercules 
Hukum Pemilik Vila Liar, 10 Tahun Penjara  
Kantor Tempo Diserang
Hercules, dari Dili ke Tanah Abang 
Rizal Mallarangeng Ogah Vilanya Dibongkar
Vila Liar, Rizal Tak Gentar Dipenjara 10 Tahun 
Ahok Ancam Perokok Tak Bisa Berobat Gratis


Anda sedang membaca artikel tentang

Rakyat Aceh Dinilai Sudah Tangguh Hadapi Bencana

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/03/rakyat-aceh-dinilai-sudah-tangguh.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rakyat Aceh Dinilai Sudah Tangguh Hadapi Bencana

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rakyat Aceh Dinilai Sudah Tangguh Hadapi Bencana

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger