Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Malang 872 Orang

Written By Unknown on Kamis, 11 April 2013 | 10.30

TEMPO.CO, Malang - Jumlah penderita HIV/AIDS atau Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA). di KabupatenMalang, Jawa Timur, hingga saat ini mencapai 872 orang. Menurut Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit Menular Langsung Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Tri Awignami Astoeti, jumlah tersebut adalah akumulasikan sejak pertama kali ditemukan pada 1991 hingga 2012. Mereka tersebar di 32 kecamatan.

Dari 33 kecamatan di KabupatenMalang, hanya Kecamatan Kasembon yang relatif steril dari ODHA. Adapun para ODHA berada di enam kecamatan, yakni Gondanglegi 143 orang, Dampit (58 orang), Sumberpucung (57), Sumbermanjing Wetan (46 orang), Kepanjen (42 orang), dan Turen 40 orang.

"Bila merujuk prediksi WHO (Badan Kesehatan Dunia), mungkin saja di Kabupaten Malang terdapat 8.720 ODHA karena ini seperti fenomena gunung es," kata Awig, sapaan akrab Tri Awignami Astoeti, dalam acara pelatihan meliput isu HIV dan AIDS yang diikuti 20 jurnalis di kantor Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Malang, Rabu, 10 April 2013.

Menurut Awig, ODHA terbanyak (257 orang) berusia 30-39 tahun, terdiri dari 137 perempuan dan 120 laki-laki; sebanyak 221 ODHA berusia 20-29 tahun, terdiri dari 122 perempuan dan 99 pria, serta 103 ODHA berusia 40-49 tahun, terdiri dari 52 pria dan 51 perempuan.

Dari 18 latar belakang pekerjaannya, status ODHA didominasi 149 wanita pekerja seks (WPS) dan 259 ODHA yang tidak diketahui pekerjaannya karena yang bersangkutan menyembunyikan diri. Yang memprihatinkan, terdapat pula 116 orang ibu dan 27 orang bayi berstatus ODHA.

Dinas Kesehatan bersama Komisi Penaggulangan HIV/AIDS (KPA) Kabupaten Malang secara rutin memberi layanan kesehatan dan obat antiretroviral atau ARV (obat yang bekerja melawan infeksi itu sendiri dengan cara memperlambat produksi HIV dalam tubuh) untuk meningkatkan kekebalan tubuh ODHA. Obat ini diberikan gratis.

Sekretaris KPA Kabupaten Malang Adi Purwanto memaparkan, ditemukan 14 lokasi prostitusi terselubung di Kabupaten Malang. Sularsih merupakan warga Kabupaten Malang pertama yang terinfeksi HIV dan mampu bertahan hidup kurang dari 30 tahun.

ABDI PURMONO

Topik terpopuler:
Sprindik KPK | Partai Demokrat | Serangan Penjara Sleman | Harta Djoko Susilo |Nasib Anas

Berita lainnya:
Kronologi Penangkapan Penyidik Pajak Pargono 
Kisah 'Memalukan' Persibo Bojonegoro di Hong Kong 
Pembalap Asep Hendro Pekerjakan Pemuda Garut 
Video 'Damai' di Bea Cukai Bali Muncul di YouTube 
Buat Akun Twitter, SBY Belum Targetkan Followers


Anda sedang membaca artikel tentang

Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Malang 872 Orang

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/04/penderita-hivaids-di-kabupaten-malang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Malang 872 Orang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Malang 872 Orang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger