Prajurit, Narkoba dan Lifestyle

Written By Unknown on Kamis, 02 Mei 2013 | 10.31

TEMPO.CO , Jakarta--Markas Besar TNI Angkatan Laut menyatakan sejak tahun 2005 hingga 2013 terdapat 205 orang personelnya diketahui mengkonsumsi narkoba. Jumlah itu terdiri dari personel berpangkat perwira, bintara dan tantama.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama Untung Suropati mengatakan tuntutan kerja bukanlah penyebab utama prajurit tejerumus pusaran narkoba. Untung lebih setuju jika faktor mental dan 'lifestyle' atau gaya hidup yang menjadi penyebabnya.

"Kalau faktor pekerjaan, buktinya cuma segelintir saja yang kena narkoba," kata Untung saat dihubungi Tempo, Rabu, 1 Mei 2013. ((Lihat: Pengedar Sabu itu Ternyata Perwira Berprestasi)

Sebab menurut Untung jumlah 205 prajurit itu hanya sedikit jika dibandingkan dengan jumlah anggota TNI AL sekitar 70 ribu orang. Atau hanya nol koma sekian persen saja.

Untung melanjutkan, 205 prajurit itu keberadaannya tersebar merata di Armada Barat dan Armada Timur. "Itu masih terbagi di tiap jajaran Armada, seperti Lantamal, KRI, macam-macam."

Untuk urusan sanksi, TNI AL berjanji tidak akan main-main jika berurusan dengan narkoba. Jika terbukti menggunakan barang haram itu, hukuman berat pasti dihadiahkan.

Untung memberikan contoh, pada tahun 2010 lalu ada seorang anggota TNI AL berpangkat Kapten yang terjerat barkoba. Hukuman berat pun diberikan, yakni kurungan badan dan pemecatan. "Padahal dia masih muda sekitar 32 tahun."

Sementara untuk antisipasi, TNI AL sebenarnya secara rutin telah melakukan cek kesehatan terhadap semua anggotanya setahun sekali. Tes kesehatan itu disebut Untung komplit, dari tes mata, tes paru-paru termasuk tes urin.

Selain itu, PM AL juga rutin melakukan operasi ketertiban dan disiplin di tempat hiburan malam. "Jika ada anggota yang tertangkap langsung kami tes urin. Jadi kami lakukan tes juga secara random," kata Untung.

INDRA WIJAYA

Topik terhangat:
Susno Duadji | Ustad Jefry | Caleg | Ujian Nasional

Baca juga:
Begini Cara Mengetahui Keberadaan Susno Duadji
May Day, Ini 7 Tuntutan Buruh
Ayu Azhari Sering Ketemu Ahmad Fathanah
Kadin Pecat Pengusaha Oesman Sapta Odang


Anda sedang membaca artikel tentang

Prajurit, Narkoba dan Lifestyle

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/05/prajurit-narkoba-dan-lifestyle.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Prajurit, Narkoba dan Lifestyle

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Prajurit, Narkoba dan Lifestyle

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger