Ribuaan Jemaah di Padang Telah Berpuasa

Written By Unknown on Minggu, 07 Juli 2013 | 10.31

TEMPO.CO, Padang - Ribuan pengikut Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat mulai berpuasa Ramadan 1434 Hijriah pada hari ini, Ahad, 7 Juli 2013. "Malam tadi kita telah tunaikan salat tarawih, dan besok kita berpuasa," ujar Sekretaris Naqsabandiyah Sumatera Barat, Edison, di Surau Baitul Makmur, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sabtu, 6 Juli 2013.

Menurut Edison, penetapan satu Ramadan dilakukan melalui penghitungan metode hisab munjid atau melalui penanggalan yang sudah dilakukan turun-temurun. Metode hisab munjid dilakukan dengan cara menghitung 360 hari dari puasa tahun lalu.

"Tahun kemarin kita puasa pada hari Rabu. Untuk penghitungannya, puasa tahun ini dimulai lima hari setelah Rabu. Jadi jatuhnya hari Minggu," ujar Edison.

Jemaah Tarekat Naqsbandiyah, kata Edison, telah memiliki dasar dalam menetapkan Ramadan, Idul Fitri, dan Idul Adha. Menurut dia, semua telah mengacu pada Al-Quran dan hadis. Jika ada perbedaan dengan keputusan pemerintah, itu tidak harus dipersoalkan.

Di Sumatera Barat, kata Edison, ada sekitar 2.500 jemaah yang tersebar di beberapa kabupaten/kota. Misalnya Kota Padang, Kabupaten Solok Selatan, Pesisir Selatan, Solok, dan Payakumbuh. "Malam ini ribuan jemaah yang ada di Sumatera Barat sudah tunaikan salat tarawih," ujarnya

Menurut imam Surau Baru, Zahar, 58 tahun, awal puasa yang ditetapkan pada 7 Juli 2013 telah sesuai dengan metode hisab munjid dan rukyat dengan cara melihat bulan. "Makanya tadi kita mengawali dengan salat tarawih. Dan saya yang menjadi imamnya," ujarnya.

Sebanyak 45 jemaah Tarekat Naqsabandiyah malam ini telah menunaikan salat tarawih dengan 20 rakaat yang dibagi menjadi dua rakaat, sebanyak 10 kali takbir. Kata Zahar, tarawih ditutup dengan tiga rakaat salat witir.

Metode ini, kata Zahar, dibawa Syekh Thaib yang telah berguru ke Mekah. Pada tahun 1910, Syekh Thaib mendirikan Surau Baru. Namun, karena padatnya jemaah, didirikanlah Masjid Baitul Makmur yang terletak 200 meter dari Surau Baru.

ANDRI EL FARUQI

Berita Lain:
Polisi Grebek Kampung Narkoba di Pekanbaru
Tasikmalaya Resmi Buka Sekolah Penerbangan
Cari 7 Korban Gempa, Tiga Alat Berat dikerahkan


Anda sedang membaca artikel tentang

Ribuaan Jemaah di Padang Telah Berpuasa

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/07/ribuaan-jemaah-di-padang-telah-berpuasa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ribuaan Jemaah di Padang Telah Berpuasa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ribuaan Jemaah di Padang Telah Berpuasa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger