Korban Tewas Rokatenda Karena Tolak Dievakuasi

Written By Unknown on Minggu, 11 Agustus 2013 | 10.30

TEMPO.CO, Jakarta--Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Timur, Tini Thadeus mengatakan lima orang warga Desa Rokirole, Kecamatan Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, yang tewas terkena lahar panas, Gunung Rokatenda, Sabtu, 10 Agustus 2013, dinihari disebabkan karena menolak dievakuasi. "Kepercayaan mereka di sana, kalau semua warga keluar dari zona merah itu maka, lahar akan merusak pemukiman mereka, sehingga ketiga orang tua tersebut bertahan di sana bersama dua orang cucu mereka," ujar Tini ketika dihubungi Tempo, Sabtu, 10 Agustus 2013.

Tini menjelaskan, tiga orang tua yang meninggal itu, ibaratnya Mbah Marijan di Gunung Merapi. Mereka bertiga tidak mau keluar dari Gunung Rokatenda, meskipun sudah diberitahu oleh pihak pemerintah setempat. Tadeus mengatakan, sudah sebanyak lebih dari 3000 dari 4000 warga yang berada di sekitar zona merah sudah diungsikan sejak sembilan bulan yang lalu. Tini mengatakan masih terdapat sekitar 500 orang yang belum terevakuasi di sekitar zona merah. Tetapi Tini mengatakan, kondisi mereka dipastikan baik karena sedang dalam penanganan tim BPBD. "Kami pastikan tidak ada korban jiwa lagi," ujar Tini.

Diberitakan sebelumnya, lima orang tewas itu berasal dari Desa Rokirole, masing masing Alosyus Lala, 65 tahun, Wea Lala, 56 tahun, Petrus Ware, 69 tahun, serta dua orang bocah Lenga, 5 tahun dan Pio, 7 tahun. Sementara itu, lebih dari 3.000 warga lima desa di Kecamatan Palue, Kabupaten Sikka, yang berada di sekitar zona merah kawasan Gunung Berapi Rokatenda, dipindahkan ke Maumere, Ibu Kota, Kabupaten Sikka. "Kini warga sudah mengungsi di dua tempat yaitu di Maurole Kabupaten Ende dan Maumere ibukota Kabupaten Sikka," ujar Tini.

Gunung Rokatenda, ujar Tini berada di sebelah selatan Pulau Palue di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Pulau ini dihuni oleh sekitar 10.000 orang. Aktivitas Rokatenda meningkat sejak Oktober 2012 dan meletus hebat pada Sabtu, 10 Agustus 2013 setelah sebelumnya mengeluarkan letusan kecil. "Rokatenda itu adalah pulau gunung yang konstruksinya bukan seperti gunung-gunung yang lain di Pulau Flores, sebab konstruksinya itu dari batu-batu yang bisa mudah pindah titik meletusnya," kata Tadeus.

GALVAN YUDISTIRA

Berita terkait:
Gunung Rokatenda Meletus, Lima Orang Tewas
Gunung Rokatenda Meletus
6 Nama Korban Tewas Gunung Rokatenda


Anda sedang membaca artikel tentang

Korban Tewas Rokatenda Karena Tolak Dievakuasi

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/08/korban-tewas-rokatenda-karena-tolak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Korban Tewas Rokatenda Karena Tolak Dievakuasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Korban Tewas Rokatenda Karena Tolak Dievakuasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger