Pilkada Tangerang tanpa Kartu Pemilih  

Written By Unknown on Sabtu, 31 Agustus 2013 | 10.31

TEMPO.CO, Tangerang - Sebanyak 1.161.855 warga Kota Tangerang yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap akan menggunakan hak pilihnya dalam pencoblosan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang yang digelar hari ini, Sabtu, 31 Agustus 2013. Pencoblosan itu dilakukan tanpa kartu pemilih.

Warga yang diundang ke TPS menggunakan C6 cukup menunjukkan identitas diri, seperti kartu tanda penduduk dan kartu keluarga. "Cukup C6 (undangan) dan identitas diri," kata Koordinator Pilkada KPU Provinsi Banten, Saeful Bahri, Sabtu, 31 Agustus 2013.

Sejak awal, penggunaan kartu pemilih memang sengaja ditiadakan dengan alasan efisiensi anggaran. Dengan menghilangkan anggaran kartu pemilih, penyelenggara mengklaim menghemat anggaran hingga Rp 750 juta.

Sekretaris KPU Kota Tangerang Ahmad Syafei mengakui tidak dicetaknya kartu pemilih memang sudah direncanakan sejak awal, sebelum penyelenggaraan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang diambil alih KPU Banten. "Sejak dipegang KPU Kota Tangerang, pembuatan kartu pemilih ini memang ditiadakan," kata Ahmad.

Menurut dia, untuk membuat kartu pemilih memakan anggaran Rp 700 per kartu. Sementara, jika dijumlahkan dengan jumlah DPT yang mencapai 1.161.855 orang, berarti anggaran yang bisa dihemat mencapai Rp 700 juta lebih.

KPU, kata Ahmad, telah menyiapkan petugas PPK dan PPS di 2.938 TPS untuk membantu warga yang akan menyalurkan hak pilihnya.

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang periode 2013-2018 akan digelar Sabtu, 31 Agustus 2013, yang diikuti oleh lima kandidat, yaitu Harry Mulya Zein-Iskandar (nomor urut 1), Abdul Syukur-Hilmi Fuad (nomor urut 2), Dedy 'Miing' Gumelar-Suratno Abubakar (nomor urut 3), Ahmad Madju Kodri-Gatot Suprianto (nomor urut 4), dan Arif Wismansyah-Sachrudin (nomor urut 5).

Ketua Panwaslu Kota Tangerang, Takhono, mengatakan pihaknya mengerahkan ratusan petugas untuk mengawasi jalannya pencoblosan di 2.938 TPS yang tersebar di 13 kecamatan di Kota Tangerang. Menurut dia, 38 panwaslu kecamatan dan 208 panwaslu di tingkat kelurahan telah disiapkan untuk mengawasi jalannya pemilihan suara.

JONIANSYAH

Topik terhangat: Rupiah Loyo | Konvensi Partai Demokrat | Suap SKK Migas | Pilkada Jatim | Lurah Lenteng Agung

Berita terpopuler:
`Bunda` di Rekaman Luthfi Hasan Amat Berkuasa
Ini Dua Orang Penembak Polisi
Harga Emas Antam Anjlok Rp 15.000
Akad Nikah Bella Saphira-Agus Surya Pagi Ini
Istana, Reshuffle dan Dipo Disebut di Sidang LHI


Anda sedang membaca artikel tentang

Pilkada Tangerang tanpa Kartu Pemilih  

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/08/pilkada-tangerang-tanpa-kartu-pemilih.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pilkada Tangerang tanpa Kartu Pemilih  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pilkada Tangerang tanpa Kartu Pemilih  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger