Aliran Duit ke Polri Dinilai untuk Lindungi Labora

Written By Unknown on Selasa, 03 September 2013 | 10.31

TEMPO.CO, Jakarta - Pengamat kepolisian dari Universitas Indonesia Bambang Widodo Umar menilai dugaan aliran duit Aiptu Labora Sitorus ke beberapa perwira di Kepolisian Daerah Papua sampai Markas Besar Polri terjadi karena maraknya praktek perlindungan di kepolisian.

Bambang mengatakan, setoran dari bawahan ke atasan itu kerap terjadi secara sembunyi-sembunyi. Seorang bawahan yang "baik", kata Bambang, harus bisa berhubungan "baik" dengan atasannya bila mereka ingin bertahan lama. "Seperti hubungan si pelindung dengan yang dilindungi," ujar pensiunan polisi itu.

Hubungan atasan-bawahan itu, kata Bambang, akan terus bertahan meskipun mereka berpindah-pindah tugas. Mereka kemudian menjadi seorang patron yang akan berlangsung dalam waktu yang sangat lama. "Labora Sitorus masuk dalam suatu lingkungan hubungan itu. Perwira-perwira yang diduga menerima aliran duit Labora pasti pernah menolongnya," kata Bambang.

Tersangka illegal logging dan penimbunan BBM, Aiptu Labora Sitorus, lewat juru bicara keluarga mengaku pernah menyetor Rp 10 miliar ke sejumlah perwira Kepolisian Daerah Papua dan Markas Besar Kepolisian. Aliran itu tercatat rapi selama 16 bulan, sejak 1 Januari 2012-23 April 2013.

Dalam catatan yang diterima salinannya oleh Tempo itu, misalnya, Aiptu Labora menyetor 47 kali ke atasannya, mantan Kepala Polres Raja Ampat Ajun Komisaris Besar Taufik Irfan, rata-rata Rp 50-100 juta. Catatan aliran duit Labora ke beberapa perwira itu kini telah dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

KHAIRUL ANAM

Berita Terpopuler:
Briptu Rani: Keramahan Saya Disalahartikan
PPP Walkout, Pengamat: Tidak Ada Pengaruhnya
Kasus Trafficking, Gadis-Gadis Ini Dijerat Utang
Tiga Wartawan Diduga Peras Kepala Sekolah
Bagaimana Kain Etnik Beradaptasi dengan Zaman


Anda sedang membaca artikel tentang

Aliran Duit ke Polri Dinilai untuk Lindungi Labora

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/09/aliran-duit-ke-polri-dinilai-untuk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Aliran Duit ke Polri Dinilai untuk Lindungi Labora

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Aliran Duit ke Polri Dinilai untuk Lindungi Labora

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger