Beredar Dokumen Mirip 'Sprindik' untuk Jero Wacik  

Written By Unknown on Jumat, 06 September 2013 | 10.31

TEMPO.CO, Jakarta - Rumor tentang sprindik (surat perintah penyidikan dan penetapan sebagai tersangka) kembali memakan korban. Kali ini korban rumor itu adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik. Dokumen sprindik sempat beredar di kalangan sejumlah wartawan yang biasa meliput di KPK. Dokumen sprindik itu berisi peningkatan status penyidikan kasus dugaan suap SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi).

Namun, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Busyro Muqoddas membantah lembaganya telah mengeluarkan surat perintah penyidikan dan penetapan Jero Wacik sebagai tersangka. Dia menyatakan pimpinan KPK belum pernah menandatangani sprindik seperti yang beredar di kalangan media sejak kemarin.

"Tidak benar, tuh," kata Busyro kepada Tempo, Jumat, 6 September 2013.

Nama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, memang tertera di dalam dokumen mirip sprindik itu dengan status tersangka. Secara spesifik surat itu meminta dilakukan penyidikan tindak pidana korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara terkait proyek Kernel Oil Pte Ltd atau proyek-proyek lainnya yang diduga dilakukan tersangka Jero Wacik selalu menteri.

Dalam surat itu, penetapan status tersangka untuk Jero disebut merujuk pada Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Dalam surat itu, KPK menugaskan empat orang penyidik untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Dokumen mirip sprindik ini tersebar ke wartawan dan dikirim oleh pengirim atas nama "satgas mafia hukum." Surat yang tak mencantumkan tanggal itu ditandatangani oleh Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. Saat dikonfirmasi melalui layanan pesan pendek Bambang membantah telah menandatangani surat itu. "Tidak benar itu," kata Bambang singkat.

Bambang menyatakan, sejauh ini dia belum mendapat informasi lanjutan mengenai rencana pemeriksaan terhadap Jero. Sebelumnya KPK baru mengeluarkan surat cegah pada Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Waryono Karno. Sejauh ini pimpinan KPK lainnya belum berkomentar. (Baca: Abraham Samad: Rudi Rubiandini Orang Serakah)

IRA GUSLINA SUFA

Berita Terpopuler Lainnya
Kuisioner Kelamin di Aceh Disorot Media Asing
Jokowi Berpidato di Rakernas PDIP
Bunda Putri di Kasus Sapi Adalah Istri Pejabat?


Anda sedang membaca artikel tentang

Beredar Dokumen Mirip 'Sprindik' untuk Jero Wacik  

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/09/beredar-dokumen-mirip-sprindik-untuk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Beredar Dokumen Mirip 'Sprindik' untuk Jero Wacik  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Beredar Dokumen Mirip 'Sprindik' untuk Jero Wacik  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger