Sakit, TKW Jember Dibuang Majikannya di Malaysia

Written By Unknown on Jumat, 20 September 2013 | 10.30

TEMPO.CO, Jember - Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Kabupaten Jember dilaporkan telah dibuang di tepi jalan di Malaysia pekan lalu. Bambang Edy Santoso, Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan Produktivitas, Disnakertrans Kabupaten Jember mengatakan, TKW itu bernama Neti, berusia 50 tahun. "Kami mendapat surat dari KBRI Malaysia untuk mencari alamat asalnya di Jember, karena dia akan dipulangkan," ujar dia, Jumat, 20 September 2013 pagi.

Bambang menambahkan, Neti dilaporkan ditemukan Eni, seorang warga Indonesia di Malaysia dalam kondisi mengenaskan di pinggir salah satu jalan di sana. Kini, dia sedang dirawat di satu rumah sakit di Kuala Lumpur, setelah ditangani KBRI. Kepada petugas KBRI, Neti mengaku jatuh di kamar mandi sekitar dua bulan lalu. Namun dia tidak mendapat perhatian dan perawatan yang layak dari majikannya dan malah dibuang di tepi jalan. "Kabarnya dia sakit kanker tulang. Dibuang majikannya karena tidak bisa bekerja," kata dia.

Sekitar tiga hari mencari, akhirnya petugas Disnakertrans Jember berhasil menemukan alamat dan keluarga Neti. TKW yang menjadi Pembantu Rumah Tangga di Malaysia itu berasal dari Lingkungan Krajan, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang, sekitar empat kilometer arah utara kota Jember.

"Lama mencari keluarganya karena dia berangkat tanpa dokumen resmi. Sekarang kami menunggu kabar selanjutnya dari KBRI Malaysia," ujar Bambang.

Didik Kariyadi, Lurah Bintoro mengakui Neti adalah warganya. "Tapi nama sebenarnya Nati. Suaminya sudah pindah entah kemana. Keluarga dekatnya, orang tua atau anaknya masih kami telusuri lagi," kata dia.

Dia juga mengakui, sekitar setahun lalu Nati memang pernah mengurus perijinan untuk digunakan sebagai persyaratan tenaga kerja ke luar negeri. Saat itu, kata dia, Nati nampak dalam kondisi sehat. Namun, Didik mengaku tidak tahu dengan PJTKI mana Nati berangkat. "Tidak ada kabar dia berangkat lewat PJTKI apa dan dimana," katanya.

MAHBUB DJUNAIDY
Topik Terhangat:
Tabrakan Anak Ahmad Dhani | Mobil Murah | Penembakan Polisi | Miss World | Info Haji

Berita Terpopuler:
Boediono: Jangan Hambat Orang Beli Mobil Murah 
Soal Ruhut Sitompul, PPP: Mau Jadi Komisi Kucing? 
Demokrat: Pernyataan Anas Sudutkan Demokrat
Kepala Dinas Bandung Wajib Punya Akun Twitter
Anggita Sari Bantah Menjebak Vanny
`Dicerca` Nikita Mirzani, Zaskia Gotik Menangis  


Anda sedang membaca artikel tentang

Sakit, TKW Jember Dibuang Majikannya di Malaysia

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/09/sakit-tkw-jember-dibuang-majikannya-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sakit, TKW Jember Dibuang Majikannya di Malaysia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sakit, TKW Jember Dibuang Majikannya di Malaysia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger