Gempa Berkekuatan 5,6 SR Guncang Wilayah Gorontalo

Written By Unknown on Minggu, 13 Oktober 2013 | 10.30

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan telah terjadi gempa di wilayah Gorontalo pada pukul 21.30 WIB kemarin, Sabtu 12 Oktober 2013. Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter dengan kedalaman 54 km.

"Pusat gempa di darat berada di 20 kilometer Barat Laut Boalemo Gorontalo, atau 45 km Barat Daya Gorontalo Utara," katanya dalam siaran pers, Sabtu 12 Oktober 2013. Sedangkan menurut USGS (badan Geologi Amerika Serikat) gempa berkekuatan 5,7 SR dengan kedalaman 100,4 kilometer. Pusat gempa berada di darat, 31 kilometer barat laut dari Tilamuta, Kabupaten Boalemo.

Sutopo mengatakan gempa yang mengguncang wilayah Gorontalo ini tidak menimbulkan potensi tsunami. Berdasarkan peta guncangan gempa (shake map) gempa berintensitas III-IV MMI (ringan). Sumber gempa berasal dari Sesar Gorontalo. Sesar ini terbentang dari arah barat laut ke tenggara yaitu dari Laut Sulawesi melalui Gorontalo hingga wilayah perairan Teluk Tomini.

Posko BNPB, kata Sutopo, telah mengkonfirmasi kondisi dampak gempa di daerah. Gempa dirasakan cukup kuat selama sekitar 5 detik di Desa Mohungo, Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo, Gorontalo. "Masyarakat berhamburan dan berteriak keluar rumah," kata Sutopo. Sedangkan di Kota Gorontalo gempa dirasakan lemah sekitar 6 detik. BPBD Gorontalo masih melakukan pendataan di daerah Boalemo.

Hingga kini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. Sutopo mengatakan meski pusat gempa berada di darat, namun karena sangat dalam menyebabkan dampak gempa tidak merusak. "Informasi akan disampaikan setelah ada data terbaru nanti," katanya

ALI AKHMAD

Berita Terpopuler:
PSK di Dolly Mengaku Tidak Suka Pria Perkasa 
Semalam, Satu PSK Dolly Layani 10 Tamu 
Ada Tiga Tipe Pekerja Seks di Dolly 
Hattrik Evan Dimas, Timnas U-19 Ungguli Korea
SBY Ingin K-Pop Berkembang di Indonesia


Anda sedang membaca artikel tentang

Gempa Berkekuatan 5,6 SR Guncang Wilayah Gorontalo

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/10/gempa-berkekuatan-56-sr-guncang-wilayah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gempa Berkekuatan 5,6 SR Guncang Wilayah Gorontalo

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gempa Berkekuatan 5,6 SR Guncang Wilayah Gorontalo

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger