Dua Truk Tabrakan, Jalur Jember-Banyuwangi Macet

Written By Unknown on Jumat, 09 November 2012 | 10.30

Jum''at, 09 November 2012 | 10:18 WIB

TEMPO.CO, Jember - Dua unit mobil truk bertabrakan di jalur propinsi yang terletak di daerah Gunung Gumitir, Kecamatan Sempolan Jember pagi ini, Jumat, 9 November 2012. Akibatnya, jalur lalu lintas yang menghubungkan Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi itu macet puluhan kilometer.

"Kami masih berusaha mengurai kemacetan dengan sistem buka tutup," ujar Kepala Kepolisian Sektor Sempolan, Ajun Komisaris Polisi Adi Sucipto.

Dia mengatakan, tabrakan itu terjadi antara dua truk Fuso dari arah berlawanan sekitar pukul 06.30 tadi. Truk Fuso dari arah Banyuwangi dengan nomor polisi B   9593 WR bermuatan barang rongsokan beradu dengan truk Fuso brnomor polisi B 9509 Q dari arah Jember. Kedua kendaraan besar itu bertabrakan di kilometer 37 +600, di salah satu tikungan tajam di wilayah Gunung Gumitir. "Kami masih memeriksa Supriyanto dan Mardiono, dua pengemudi truk itu," kata Adi.

Menurut seorang saksi mata, Kusnadi, peristiwa itu terjadi begitu cepat di tikungan menurun. "Tiba-tiba saya lihat kedua truk itu sudah bertabrakan sampai menutup jalan," ujar tukang awe-awe yang biasa mangkal di daerah itu.

Jalur propinsi di kawasan Gunung Gumitir di Kecamatan Sempolan Jember hingga wilayah Kecamatan Kalibaru-Banyuwangi merupakan jalur rawan. Di daerah yang menjadi tapal batas kabupaten Jember-Banyuwangi itu, terdapat lebih dari 54 tikungan tajam yang menanjak dengan kemiringan antara 10 hingga 40 derajad dalam rentang jalan sepanjang 12 kilometer.

Di kanan kiri jalan sepanjang lokasi yang berjarak 26 Km arah timur Kota Jember ini adalah hutan belukar dan Kawasan perkebunan. Jalan ini cukup padat dengan kendaraan besar, seperti bus antar kota dan truk-truk angkutan barang. Meski cukup padat, jalur ini cukup jauh dari perumahan penduduk. Jika hujan yang sudah mulai seperti saat ini, jalur ini rawan longsor. Lebih dari empat titik yang bisa menjadikan perjalanan terganggu dari tanah longsor atau pohon tumbang menutup badan jalan akibat penggundulan hutan (illegal logging) sejak 1999 di sisi kiri jalan.

MAHBUB DJUNAIDY

Berita Pilihan:
Dede Yusuf Gaet Lex Laksamana untuk Jawa Barat
Malam Ini, Chris John Hadapi Chonlatarn
Menangkis Asteroid dengan Peluru Cat
Ketika Siswa SD ''Menguasai'' Ruangan Ahok 
Setiap Hari, Ada 92 Ton Sampah di Laut Jakarta


Anda sedang membaca artikel tentang

Dua Truk Tabrakan, Jalur Jember-Banyuwangi Macet

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2012/11/dua-truk-tabrakan-jalur-jember.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dua Truk Tabrakan, Jalur Jember-Banyuwangi Macet

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dua Truk Tabrakan, Jalur Jember-Banyuwangi Macet

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger