Sabtu, SBY ke Kamboja untuk KTT ASEAN

Written By Unknown on Jumat, 16 November 2012 | 10.30

Jum''at, 16 November 2012 | 05:25 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan bertolak kunjungan kerja ke dua negara. Presiden akan berada di Pnom Penh, Kamboja pada 17-21 November 2012, kemudian ke Islamabad, Pakistan. Rombongan kepresidenan akan kembali ke Tanah Air pada Jumat, 23 November 2012.

Teuku Faizasyah, Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional, menyatakan kunjungan ke Pnom Penh untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN. "Di sana untuk memastikan kesiapan ASEAN dalam mewujudkan Komunitas ASEAN 2015," kata Faizasyah, saat dihubungi pada Kamis, 15 November 2012.

Di dalam KTT ASEAN, kemungkinan akan ditandatangani Deklarasi HAM ASEAN. "Tetapi itu tergantung kepastian dari hasil Konferensi Tingkat Menteri apakah sudah bisa ditandatangani. Mungkin besok atau lusa baru ada kepastian dari Kementerian Luar Negeri," kata dia.

Mantan juru bicara Kementerian Luar Negeri ini menambahkan, di sela-sela KTT ASEAN, Presiden Yudhoyono akan bertemu dengan Perdana Menteri China Wen Jia Bao. Presiden juga akan menghadiri sesi pleno dan pertemuan dengan ASEAN Business Advisory Council (ABAC), dan ASEAN Plus Three Commemorative Summit. "Sementara ini belum ada MoU atau dokumen yang akan ditandatangani terkait kerjasama dengan negara lain," ujarnya.

Pada Selasa, 20 November 2012, Presiden RI dijadwalkan menghadiri ASEAN Global Dialogue yang akan dihadiri antara lain oleh Presiden ADB Haruhiko Kuroda, Managing Director IMF Christine Lagarde, Managing Director World Bank Caroline Anstey, Sekjen UNCTAD Supachai Panitchpakdi, dan Dirjen WTO Pascal Lamy. Presiden RI kemudian akan menghadiri rangkaian acara KTT Asia Timur (East Asia Summit).

Selanjutnya, pada 21 November 2012, Presiden Yudhoyono akan melanjutkan rangkaian perjalanan dengan kunjungan kerja ke Islamabad, Pakistan untuk menghadiri KTT D8 (Developement 8). Negara-negara anggota D8 meliputi Bangladesh, Indonesia, Iran, Malaysia, Mesir, Nigeria, Pakistan, dan Turki. "Di sana akan membahas lima isu prioritas, yaitu perdagangan, pertanian dan ketahanan pangan, kerja sama industri dan UKM, transportasi, serta energi dan mineral," kata dia.

Juga akan ada pertemuan bilateral dengan Presiden Pakistan Azif Ali Zardari dan Perdana Menteri Pakistan Raja Pervaiz Ashraf. "Pertemuan diharapkan mendorong kerja sama, di antaranya untuk ketahanan pangan. Tetapi sampai sejauh ini juga belum ada MoU yang tampaknya akan ditandatangani," ujar Faizasyah.

ARYANI KRISTANTI

Terpopuler:
Suami Ola Ditembak Mati di Depan Henri Yoso 
Penangkapan Ola dan Suaminya Bak Film Hollywood 
Di SD, Tak Ada lagi Pelajaran IPA-IPS
Jurnalis Korban Tentara di Riau, Dipukuli Lagi 
SBY Lantik 6 Duta Besar Luar Biasa
Deddy Mizwar Pasrah kepada Eep Saefulloh Fatah  


Anda sedang membaca artikel tentang

Sabtu, SBY ke Kamboja untuk KTT ASEAN

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2012/11/sabtu-sby-ke-kamboja-untuk-ktt-asean.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sabtu, SBY ke Kamboja untuk KTT ASEAN

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sabtu, SBY ke Kamboja untuk KTT ASEAN

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger