Hina Habibie, Ini Komentar Dubes Malaysia  

Written By Unknown on Kamis, 13 Desember 2012 | 10.30

Kamis, 13 Desember 2012 | 08:57 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Syed Munshe Afdzaruddin Syed Hassan, memberikan pernyataan tentang mantan Presiden B.J Habibie. Kepada kantor berita Bernama, Rabu, 12 Desember 2012, Afdzaruddin mengatakan komentar yang dikeluarkan oleh mantan Menteri Informasi Tan Sri Zainuddin Maidin adalah pendapat pribadinya.

"Komentar Zainuddin tidak merefleksikan pandangan pemerintah Malaysia," ujar dia. Afdzaruddin mengungkapkan pernyataan tersebut di depan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia seperti dikutip kantor berita Bernama.

Para pemangku kepentingan di Indonesia menilai bahwa pernyataan tersebut tidak sesuai dengan kapasitas Zainuddin sebagai mantan menteri. Komentar Zainuddin bisa melukai hubungan bilateral antar-negara.

Adapun Kementerian Luar Negeri telah merespon artikel yang dimuat di koran "Utusan Malaysia" pada 10 Desember 2012. "Seperti yang disebutkan Menlu Marty kemarin, jangan beri peluang artikel seperti itu bisa mempengaruhi hubungan dua negara," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri, Michael Tene."Artikel yang tidak terukur jangan diberi ruang seolah-olah sangat penting," kata dia.

Dalam wawancaranya dengan Tempo, Zainuddin menyatakan tak akan meminta maaf atas pernyataan membandingkan Habibie dengan tokoh oposan Malaysia, Anwar Ibrahim. Zainudin menyebut keduanya sebagai the dog of imperialism. "Saya tidak merasa perlu minta maaf sebab perkataan saya itu saya rasa benar, bukan bertujuan untuk menghina siapa pun," ujar dia.

Menurut Zainuddin, pada umumnya orang Indonesia bilang Habibie adalah pengkhianat bangsa. "Orang Indonesia yang saya temui semua bilang begitu. Saya tanya kepada sopir taksi dan orang lain yang saya temui. Mereka lebih menghormati zaman Pak Harto," ia menambahkan.

DIANING SARI

Baca juga:
Link Tulisan Menghina Habibie Hilang
Penghina Habibie: LB Moerdani Itu Kawan Dekat Saya
Alasan Eks Menteri Malaysia Hina Habibie
Habibie Khianati Indonesia, Apa Saja Tudingan Malaysia?


Anda sedang membaca artikel tentang

Hina Habibie, Ini Komentar Dubes Malaysia  

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2012/12/hina-habibie-ini-komentar-dubes-malaysia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hina Habibie, Ini Komentar Dubes Malaysia  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hina Habibie, Ini Komentar Dubes Malaysia  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger