Berangkat Sehat Pulang Jadi Mayat

Written By Unknown on Kamis, 07 Februari 2013 | 10.30

Kamis, 07 Februari 2013 | 10:25 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Seorang buruh migran wanita asal Sulawesi Utara bernama Bintulu Nie, 32 tahun, yang bekerja di Malaysia, dikabarkan meninggal dunia karena sakit keras pada 2 Februari 2013. Kabar kematian Nie diperoleh dari Armin, suami Nie yang juga bekerja sebagai buruh migran di Malaysia. 

Kabar dari Armin itu diterima Arwin, adik Nie. Ia ditelepon kakak iparnya dari Malaysia. Armin menceritakan Nie meninggal di perjalanan saat menuju Rumah Sakit setempat. "Kakak saya meninggal sebelum sampai ke rumah sakit, kata suaminya, Nie sakit cukup parah, dia muntah darah padahal selama di Indonesia sehat sekali," katanya ketika ditemui Tempo di Desa Anggotoa, Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Desa Anggotoa adalah kantong TKI terbesar di provinsi itu.

Armin menceritakan, semasa bekerja di luar negeri, Nie bekerja di ladang perkebunan kelapa sawit. Sebelum berangkat ke Malaysia, hasil check kesehatan Nie amat bagus.  Tapi ia mengakui, "kerja di ladang itu sebenarnya bukan untuk perempuan, soalnya memikul tanah dan pupuk yang beratnya  minta ampun."


Ia menjelaskan, biaya kepulangan dan pengurusan jenazah, hingga berbagai tunjangan lain ditanggung oleh perusahaan yang mengirim Nie bekerja di Malaysa yakni PT Mega Buana Citra Masindo. 

"Tidak usah khawatir selama ia resmi dengan dibuktikan kelengkapan-kelengkapan dokumen TKI, segala hak seperti asruansi dan tunjangan pasti akan diperoleh," kata Kepala Badan Nasional Penempatan dan Jumhur Hidayat kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia yang berkunjung ke Kabupaten Konawe pada Selasa lalu .

Di Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mencatat saat ini yang terdata resmi sebagai TKI di Sulawesi Tenggara sedikitnya 730 TKI di luar negeri dengan tujuan terbesar ke Negara Malaysa dan Taiwan .

ROSNIAWANTY FIKRY


Anda sedang membaca artikel tentang

Berangkat Sehat Pulang Jadi Mayat

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/02/berangkat-sehat-pulang-jadi-mayat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Berangkat Sehat Pulang Jadi Mayat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Berangkat Sehat Pulang Jadi Mayat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger