Dinas Pendidikan Jamin UN di Makassar Kamis  

Written By Unknown on Selasa, 16 April 2013 | 10.30

TEMPO.CO, Makassar -- Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Mahmud BM, menjamin pelaksaan ujian nasional tingkat sekolah menengah atas dan sederajat akan digelar Kamis 18 April setelah sempat mundur dari jadwal 15 April. "Kendati belum ada naskah ujian sampai hari ini, tapi kami menjamin tidak akan ada pengunduran lagi," ujar dia ketika dihubungi Tempo, Selasa, 16 April 2013.

Sebelumnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk menunda ujian nasional tingkat sekolah menengah atas dan sederajat di 11 provinsi karena PT Ghalia Indonesia Printing belum selesai mendistribusikan soal ujian di beberapa daerah.

Mahmud menambahkan, pada 18 April 2013, jadwal UN tidak akan berubah, yakni mata pelajaran Kimia. Kemudian Jumat, diujikan mata pelajaran Matematika, dan Senin, Bahasa Indonesia, kemudian Selasa, Fisika.

"Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan sore ini akan mendistribusikan soal ujian itu," katanya.

Dengan mundurnya pelaksanaan UN tingkat SMA, ia menegaskan tidak mempengaruhi pelaksaan ujian tingkat sekolah menengah pertama yang akan digelar 22 April. "Ujian SMP tetap seperti semula, tidak ada yang berubah," dia menjelaskan.

Adapun mata pelajaran yang masuk dalam kategori ujian sekolah, ujar Mahmud, masing-masing pendidikan agama, pendidikan jasmani dan kesehatan, IPS, PPKN, diuji secara tertulis dan praktek. Sementara untuk ujian nasional adalah Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan IPA yang ujiannya secara tertulis dengan format barcode.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Kota Makassar, Nurdin Rasyid, menambahkan bahwa angka kelulusan siwa saat ini dipatok 5,5 nilai rata-rata ujian nasional.

Sementara untuk peserta ujian nasional untuk SMP yang diselenggarakan mulai 22 April mendatang sebanyak 20.614 orang. Sedangkan, jumlah ruangan yang disediakan sebanyak 1. 131, jumlah pengawas sebanyak 2.262 orang, dan jumlah sekolah sebanyak 223 yang mengikuti.

"Jadi, proses ujian yang diadakan di SMA tetap diberlakukan dengan SMP, yakni kami melakukan sistem silang bagi para pengawas. Bagi soal kami akan berlakukan barcode, 20 siswa satu ruangan dengan soal yang berbeda. Saya kira potensi kebocoran sangatlah kecil," katanya.

ARDIANSYAH RAZAK BAKRI

Topik Terhangat:
Lion Air Jatuh | Serangan Penjara Sleman| Harta Djoko Susilo | Nasib Anas

Baca juga:
EDISI KHUSUS Tipu-Tipu Jagad Maya
Lelang Soal Ujian Nasional Seperti Arisan?
Anggota DPR Curigai Tender Naskah Ujian Nasional
PGRI: Menteri Nuh Harus Bertanggung Jawab dalam Kasus UN


Anda sedang membaca artikel tentang

Dinas Pendidikan Jamin UN di Makassar Kamis  

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/04/dinas-pendidikan-jamin-un-di-makassar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dinas Pendidikan Jamin UN di Makassar Kamis  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dinas Pendidikan Jamin UN di Makassar Kamis  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger