Ribuan Rumah Terendam Luapan Bengawan Solo

Written By Unknown on Selasa, 09 April 2013 | 10.31

Tiga petani memanen tanaman padi yang terendam banjir di Desa Ngulanan, Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa (8/1). ANTARA/Aguk Sudarmojo

TEMPO.CO, Bojonegoro - Banjir akibat luapan Sungai Bengawan Solo semakin meluas. Hingga pagi ini tercatat sudah 14 kecamatan dari 28 kecamatan di Bojonegoro sudah tergenang banjir. Pemerintah Bojonegoro mengumumkan status siaga merah.

Ke-14 Kecamatan yang daerahnya kebanjiran, yaitu, Kecamatan Margomulyo, Ngraho, Padangan, Purwosari, Kasiman, Malo, Kalitidu, Dander, Pucuk, Kota Bojonegoro, Kapas, Kanor, Balen dan Baureno. Sedangkan, jumlah desa yang terendam banjir sebanyak 46 dari sebelumnya baru 38 desa.

Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bojonegoro, tercatat sebanyak 4.677 rumah terendam banjir. Tak hanya rumah penduduk, sawah seluas 1.500 hektare lebih juga terendam dan bisa dipastikan gagal panen.

Untuk fasilitas pendidikan ada puluhan Sekolah Dasar yang kebanjiran, berikut SMP berlokasi di pinggir Bengawan Solo yang direndam banjir. Sedangkan jalan desa yang terendam banjir panjang lebih dari 30 kilometer.

Di Kecamatan Kota Bojonegoro ketinggian air rata-rata di atas 1,2 meter. Di Gang satu hingga empat Jalan Matekram dan beberapa perkampungan di ledok Kulon, ketinggian air sudah 1,3 meter. "Saya sudah mengungsi satu malam," ujar Dwi, warga Jalan Matekram, Bojonegoro pada Tempo, Selasa 9 April 2013.

Pemerintah Bojonegoro telah mendirikan tenda darurat. Seperti tenda Brimob di depan Kepolisian Resor Bojonegoro, juga tenda-tenda yang berdiri di tanggul Bengawan Solo, baik yang ada di Jalan MH Thamrin, juga di Jalan Rajekwesi. Ada sekitar 300 pengungsi yang menempati Gedung Serbaguna Jalan KH Mas Mansyur, Kota Bojonegoro. Selain dapur umum, juga disediakan tenaga kesehatan, berikut obat-obatan.

SUJATMIKO

Topik terhangat:
Partai Demokrat | Agus Martowardojo | Serangan Penjara Sleman | Harta Djoko Susilo | Nasib Anas

Berita terpopuler lainnya:
3 Fakta Kapolda DIY Kontak Pangdam Sebelum Insiden
SBY: SMS Saya ke Anas Tidak Dibalas
Kisah Penjaga Mayat yang Memandikan Nurdin M Top
SBY Sudah Menduga Penyerang Cebongan Kopassus
SBY: Kami Menyayangi Anas Urbaningrum
Agustus, SBY Bakal Ganti Kapolri dan Panglima TNI


Anda sedang membaca artikel tentang

Ribuan Rumah Terendam Luapan Bengawan Solo

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/04/ribuan-rumah-terendam-luapan-bengawan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ribuan Rumah Terendam Luapan Bengawan Solo

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ribuan Rumah Terendam Luapan Bengawan Solo

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger