Artis Jadi Caleg, Salahkan Partai Politik  

Written By Unknown on Senin, 06 Mei 2013 | 10.30

Petugas KPU memeriksa dokumen dari artis Desy Ratnasari yang masuk ke Partai Amanat Nasional di dalam ruang pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Senin (22/4). Banyaknya daftar caleg dari setiap partai membuat petugas KPU berhati-hati dan teliti untuk memeriksa setiap calon caleg menuju DPR RI Tahun 2014. TEMPO/Dasril Roszandi

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens mengatakan, fenomena artis yang maju sebagai calon anggota legislatif pada 2014 merupakan tanggung jawab partai politik. Dia menduga motifnya adalah keinginan kuat partai politik untuk memperluas dukungan dari masyarakat.

"Apakah parpol punya mekanisme untuk melakukan upgrading bagi artis untuk belajar sebagai politikus?" kata Boni dalam diskusi bertajuk "Potret Mutu Caleg Parpol Peserta Pemilu 2014" di Jakarta, Ahad, 5 Mei 2013. Sekalipun ada pendidikan bagi para calon anggota legislatif, kata dia, justru akan membuang masa jabatannya untuk belajar.

Menurut Boni, tanggung jawab anggota parlemen setidaknya ada tiga hal, yaitu budgeting, legislasi, dan lobi politik. "Ini cukup meragukan bahwa orang-orang di luar politik bisa melakukan hal-hal tersebut," ujarnya.

Sebab, kata Boni, artis sebagai figur publik yang populer dan disukai belum cukup untuk memenuhi syarat sebagai calon legislator. Apalagi, sulit mengubah paradigma seorang artis untuk menjadi paradigma politikus. "Pendidikannya saja banyak yang tidak jelas," ujar Boni. "Bagaimana bisa orang yang biasa main sinetron, lalu harus melakukan lobi politik?" (Baca: Ini Kekhawatirkan Kalau Artis Nyaleg)

Banyak selebritas yang maju sebagai anggota legislator pada Pemilu 2014 mendatang. Di antaranya, mantan model Arzetty dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), pesinetron Desy Ratnasari dari Partai Amanat Nasional (PAN), dan penyanyi dangdut Angel Lelga dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). (Baca: Rieke: Artis Bukan Sumber Persoalan di DPR) Selengkapnya soal artis nyaleg klik di sini.

SATWIKA MOVEMENTI

Topik Terhangat:
Pemilu Malaysia | Harga BBM | Susno Duadji | Ustad Jefry | Caleg

Berita Lainnya:
Bos Pabrik Panci Pernah Jadi Bandar Pilkades
Ini Motif Perbudakan Buruh Panci di Tangerang
Begini Para Buruh Panci Itu Disiksa
Pengacara: Ayu Azhari Terima Uang dari Fathanah
Istri Gus Dur Minta Segel Masjid Ahmadiyah Dibuka


Anda sedang membaca artikel tentang

Artis Jadi Caleg, Salahkan Partai Politik  

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/05/artis-jadi-caleg-salahkan-partai-politik.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Artis Jadi Caleg, Salahkan Partai Politik  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Artis Jadi Caleg, Salahkan Partai Politik  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger