Inkubasi Corona Berlangsung 9-12 Hari

Written By Unknown on Senin, 22 Juli 2013 | 10.31

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti menjelaskan, masa inkubasi untuk virus corona yang semula diduga hanya 1-9 hari, ternyata berlangsung lebih lama, yakni 9-12 hari. "Pada kasus terakhir ternyata inkubasinya lebih lama," kata dia melalui pesan singkatnya, Senin, 22 Juli 2013. Virus corona ini menyerang saluran pernafasan.

Menurut Ghufron, vaksin untuk corona memang belum tersedia. Untuk mencegah penularan, calon jamaah haji dan TKI diimbau menggunakan masker saat berada di Saudi Arabia. Selain itu, mereka diminta untuk tetap menjaga pola makan dan pola hidup bersih dan sehat. Hal ini untuk menjaga kekebalan dan daya tahan tubuh agar tetap tinggi. "Yang lebih penting, hindari kontak dengan orang yang terinfeksi," kata dia.

Untuk sosialisasi virus ini, menurut Ghufron, Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan dinas kesehatan provinsi. Dinas kesehatan provinsi bertugas mensosialisasikan pencegahan dan pengetahuan tentang virus ini. "Gejalanya beragam, mulai dari batuk, pilek, demam, bersin, sampai kesulitan bernapas," kata Ghufron.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi mengakui lembaganya sudah menerima pemberitahuan dan peringatan dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi soal bahaya Virus Corona MERS (Middle East Respiratory Syndrome). "Kami sudah dapatkan suratnya dan kami terus pantau," kata Nafsiah di kantornya, Rabu, 17 Juli 2013. Namun Nafsiah tak memerinci kapan surat itu sampai ke kantornya.

Menurut Nafsiah, perkembangan virus corona di Arab saat ini sudah menjadi perhatian serius pemerintah. Apalagi kasus ini sudah masuk dalam masalah global dan menelan korban jiwa yang banyak. Badan Kesehatan Dunia WHO mengkonfirmasi terjadi 80 kasus infeksi termasuk 44 kematian di seluruh dunia. Menurut situs BBC edisi 13 Juli 2013, sejauh ini sebanyak 38 orang meninggal akibat virus ini di Arab Saudi.

Nafsiah mengatakan Kemenkes terus melakukan pantauan harian atas perkembangan penyebaran virus di Arab Saudi ini. Apalagi tak lama lagi, ratusan ribu jamaah haji asal Indonesia akan bertolak ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji. "Sampai sekarang kami betul-betul menyiapkan agar calon jamaah haji dalam kondisi prima dan siap saat berangkat haji."

TRI ARTINING PUTRI


Anda sedang membaca artikel tentang

Inkubasi Corona Berlangsung 9-12 Hari

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/07/inkubasi-corona-berlangsung-9-12-hari.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Inkubasi Corona Berlangsung 9-12 Hari

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Inkubasi Corona Berlangsung 9-12 Hari

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger