Staf SBY Bantah Ada Agenda Lawatan ke Makam

Written By Unknown on Selasa, 30 Juli 2013 | 10.31

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tak berencana mengunjungi makam orang suci ataupun melakukan ritual tertentu saat melawat ke Jawa Timur. Heru Lelono, Staf Khusus SBY, mengatakan kunjungan SBY kali ini sebatas menemui masyarakat dan meninjau langsung sejumlah kegiatan. "Tak ada agenda mengunjungi makam," kata Heru saat dihubungi, Rabu 30 Juli 2013.

Sebelumnya sempat beredar kabar kalau kunjungan kali ini juga akan diwarnai agenda spiritual. Namun Heru dengan tegas menepis kabar itu.  Menurutnya, lawatan kali ini murni dilakukan berkaitan dengan Ramadan. "SBY ingin melihat langsung kegiatan masyarakat di sana," katanya.

Menurut Heru, tak ada acara seremonial yang akan dihadiri oleh Presiden. Kunjungannya bersifat spontan. Jika di tengah jalan SBY memutuskan turun dari mobil, rombongan bisa langsung berhenti. Bisa saja, kata Heru,  SBY mendadak ingin berhenti melihat sekolah-sekolah atau mendatangi kebun petani.

Hari ini Presiden SBY akan melawat antara lain Kabupaten Lumajang, Jember, dan Bondowoso. Perjalanan SBY dimulai dari kota Malang. Perjalanan akan berakhir di Bondowoso pada Rabu 31 Juli 2013 besok.

Di Lumajang, SBY akan mengunjungi Desa Pronojiwo. Rencananya Presiden akan melihat sentra produksi Salak. Perjalanan dilanjutkan ke Desa Burno untuk meninjau kebun pisang Mas Kirana. Presiden SBY juga akan melihat produksi keripik pisang.

Ditanya soal lawatan spiritual tokoh politik di negeri ini, sejarawan Anhar Gonggong menilai adalah hal biasa saja jika pun SBY mampir untuk mengunjungi makam atau melakukan ritual selama lawatan ke Jawa Timur. Menurutnya, itu adalah hak personal setiap orang dalam mencari ketenangan dengan melakukan ritual-ritual khusus tertentu.

Lagipula, kata Anhar, semua pemimpin negara Indonesia melakukan hal tersebut. Mulai dari Presiden Soekarno hingga putrinya Megawati Sukarnoputri. "Yang tidak melakukan itu mungkin hanya Hatta dan Sjahrir," ujarnya.

Tak hanya pimpinan negara Indonesia, seluruh petinggi negara di Asia pun kerap melakukan hal serupa. Kunjungan ke makam tak perlu diartikan sebagai sesuatu yang irasional. "Sebab ini masalah kultur," kata Anhar. "Itu adalah hak semua orang, dan bukan sesuatu yang perlu dicemooh," ujarnya.

ANANDA BADUDU

Topik terhangat:
Anggita Sari | Bisnis Yusuf Mansur | Kursi Panas Kapolri

Baca juga:
Jokowi Blusukan: `Pemerintah Kebobolan`
Dipaksa Minta Maaf, Ahok Telpon Haji Lulung
Dahlan Iskan Bakal Calon Presiden dari Demokrat


Anda sedang membaca artikel tentang

Staf SBY Bantah Ada Agenda Lawatan ke Makam

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/07/staf-sby-bantah-ada-agenda-lawatan-ke.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Staf SBY Bantah Ada Agenda Lawatan ke Makam

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Staf SBY Bantah Ada Agenda Lawatan ke Makam

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger