Ada Pemukiman Saat Situs Gunung Padang Dibangun

Written By Unknown on Senin, 19 Agustus 2013 | 10.31

TEMPO.CO, Cianjur -Tim Terpadu Riset Mandiri dan Tim Nasional akan melanjutkan penelitian Situs Megalitikum Gunung Padang di Desa Karyamukti Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, untuk membuktikan beberapa misteri yang belum terungkap. Salah satunya adanya dugaan di wilayah Situs Gunung Padang sudah ada pemukiman warga.

Ketua Tim Arkeologi Tim Terpadu Riset Mandiri, Ali Akbar mengatakan, lembaganya akan membuktikan sejumlah misteri yang sudah ditemukan sebelumnya. "Beberapa bukti yang ditemukan dalam penelitian ini, ada sistem sub-sub dalam satu kesatuan dan memiliki hubungan dengan Situs Gunung Padang ini," ujarnya di Cianjur, Senin 19 Agustus 2013.

Menurut dia, timnya menemukan adanya dugaan di wilayah situs sudah ada pemukiman warga. Pemukiman itu sudah ada kuil ketika Gunung Padang dibuat. "Berdasarkan survei pertama kalinya dilakukan ekskavasi dan penelitian beberapa waktu lalu, kami menduga adanya pemukiman di wilayah situs," kata dia.

Di wilayah situs yang dijadikan pemukiman bitu ada  semacam kuil atau tempat upacara keagamaan. Sementara, hasil survei menerangkan ada pemukiman yang jaraknya sekitar 2 kilometer dari situs. Tepatnya berada di wilayah yang disebut Cikuta. "Ada dua alasan yang diyakini kuat menjadikan lokasi tersebut sebagai permukiman warga pada waktu itu," kata dia.

Alasan pertama, lanjut dia, tanah di lokasi yang disebut Cikuta itu berkontur datar dan dekat dengan Sungai Cikuta. Adapun alasan yang kedua, yakni penyebutan kata "kuta" di belakang "Ci" yang dinilai dan mewakili arti dari kata kota pada umumnya.

Tapi kalau untuk membuktikan kapan warga itu hidup, harus membutuhkan penelitian dan pembuktian lebih lanjut. "Yang pasti dua bukti tersebut sudah cukup membuktikan jika ada permukiman tak jauh dari Gunung Padang," kata Ali.

Disinggung soal rencana pemugaran, Ali menyatakan,  itu akan dilakukan setelahtimnya  melaporkan secara langsung hasil penelitian tersebut kepada Presiden. Lagi pula sejumlah penemuan masih membutuhkan pembuktian di laboratorium.

Menurut dia, arang (carbon dating) yang kami temukan juga masih harus dibawa ke Amerika untuk diketahui usianya. Yang jelas kesimpulan dari penelitian yang dilakukan masih sama jika Gunung Padang ada dua kebudayaan yang berbeda. "Itu terbukti dari penelusuran kami menemukan dua lapisan yang usianya berbeda," kata dia.

DEDEN ABDUL AZIZ


Anda sedang membaca artikel tentang

Ada Pemukiman Saat Situs Gunung Padang Dibangun

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/08/ada-pemukiman-saat-situs-gunung-padang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ada Pemukiman Saat Situs Gunung Padang Dibangun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ada Pemukiman Saat Situs Gunung Padang Dibangun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger