Tiga Gerbang Rumah Dada Rosada Tertutup Rapat

Written By Unknown on Selasa, 20 Agustus 2013 | 10.31

TEMPO.CO, Bandung--Sejak Dada Rosada dikerangkeng Komisi Antikorupsi kemarin, rumah pribadi Wali Kota Bandung itu di Jalan Tirtasari II Kota Bandung nampak sepi, Selasa pagi 20 Agustus 2013. Rumah lega dua lantai berikut dua bangunan rumah kayu di halaman tertutup rapat.

"Dari semalam rumah mah sepi. Kalau yang rame mah semalam di sekitar jalan sini saja, banyak wartawan,"ujar seorang petugas jaga harian yang emoh dikutip nama di pos tempatnya berjaga di barat rumah.

Joko, sebut saja begitu, mengaku tak tahu dimana istri Pak Wali Kota, Nyonya Nani Rosada dan anak-anaknya berada. "Dari kemarin sore ibu juga nggak ada. Di dalam rumah yang ada cuma pembantu," kata pria 30 tahunan ini.

Joko juga mengaku tak melihat para pejabat Pemkot Bandung datang menyambangi semalam. "Nggak tahu. Rasanya nggak ada,"kata dia.

Pantuan Tempo, tiga gerbang halaman juga tertutup rapat. Di balik pintu gerbang paling timur yang sekalian berfungsi sebagai pintu garasi, tampak tiga buah mobil. Ada satu Kijang Innova D-1701 dan dua mobil lain yang ditutup terpal, termasuk mobil jenis sedan.

Pintu masuk ke rumah dekat 'garasi' yang acap digunakan para tamu yang sowan juga nampak tertutup. Pintu dan jendela di lantai dua, pun di dua bangunan rumah kayu tertutup. Samar-samar sempat kelihatan sinar dari televisi yang menyala di dalam salah satu rumah kayu.

Menurut Joko, menjelang pukul 06.00 pagi biasanya pintu dekat garasi dibuka lebar-lebar. Pembantu rumah mulai bekerja sesuai tugas. "Kalau (tuan rumah) sedang ada, jam segini biasanya ada kegiatan pembantu atau ajudan di halaman,"kata dia.

Seorang pria paruh baya yang juga menolak menyebut nama tampak keluar rumah sekitar pukul 07.00. Dia langsung menemui Joko dan penjaga satu lagi yang baru bangun tidur di pos jaga. "Di dalam cuma ada penjaga saja. Pembantu wanita juga sedang nggak ada. Penjaga semuanya ada lima orang, termasuk yang dijaga di pos," kata dia.

Komisi Antirasuah resmi menahan Dada Rosada kemarin petang, Senin 19 Agustus 2013. Orang nomor 1 Pemkot Bandung itu disangka terlibat kasus suap terhadap Setyabudi Tedjo Cahyono, hakim yang menangani kasus korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos) Kota Bandung, tahun lalu.

Dada sempat meminta bantuan Tedjo agar 7 anak buahnya yang terlibat kasus korupsi Bansos itu divonis ringan dan supaya Majelis Hakim tak menyeret dia dalam kasus.

Dada antara lain juga disangka memerintahkan bawahannya, Edi Siswadi dan Herry Nurhayat supaya mengumpulkan duit hingga Rp 4 miliaran untuk menyuap Tedjo dan para hakim lain. Juga meminta sahabatnya, Toto Hutagalung, untuk menyetor duit suap itu kepada Tedjo dan kawan-kawan.

ERICK P. HARDI

Topik Terhangat:
Suap SKK Migas | Penembakan Polisi | Pilkada Jatim

Baca juga:
Suap Hakim, KPK Periksa Pejabat Kota Bandung
Keterlibatan Petinggi Kernel Singapura Ditelusuri
Dada Diperiksa KPK sebagai Tersangka
Bandung Tawarkan Bantuan Hukum untuk Edi Siswadi


Anda sedang membaca artikel tentang

Tiga Gerbang Rumah Dada Rosada Tertutup Rapat

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/08/tiga-gerbang-rumah-dada-rosada-tertutup.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tiga Gerbang Rumah Dada Rosada Tertutup Rapat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tiga Gerbang Rumah Dada Rosada Tertutup Rapat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger