Dino Patti Akan Ditanyai Hal Ini di Konvensi  

Written By Unknown on Sabtu, 24 Agustus 2013 | 10.31

TEMPO.CO, Jakarta -- Komite Konvensi penjaringan calon presiden Partai Demokrat pagi ini, Sabtu, 24 Agustus 2013, akan memanggil salah satu calon peserta. Hari ini hanya ada satu calon yang akan dipanggil, yaitu Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal.

Juru bicara Komite Konvensi, Rully Charis, mengatakan tujuan utama pemanggilan peserta adalah untuk perkenalan. "Tak ada seleksi karena ini sifatnya perkenalan dan silaturahmi," kata Rully kepada Tempo di Wisma Kodel, Jumat malam, 23 Agustus 2013. Pertemuan Dino dan Komite Konvensi akan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB. (Lihat: Dino Diundang Pertama ke Komite Konvensi)

Menurut Rully, dalam pertemuan itu, Komite akan meminta penjelasan dari Dino atas beberapa gagasan yang akan dia siapkan untuk menjadi capres. Sebaliknya, Dino dan calon lainnya juga diberi kesempatan untuk bertanya kepada Komite Konvensi mengenai alasan kenapa dia dipilih. "Modelnya tanya-jawab dan dialog dua arah."

Dalam pertemuan ini, Komite juga akan menjelaskan beberapa ketentuan yang harus dipenuhi para peserta. Misalnya soal kewajiban nonaktif dari kepengurusan partai bila calon berasal dari partai lain. Calon baru diminta mundur dan terdaftar sebagai kader Demokrat bila sudah resmi terpilih sebagai capres Demokrat.

Hasil pertemuan dengan para calon, Rully melanjutkan, tak akan mempengaruhi keikutsertaan mereka dalam konvensi. Alasannya, 16 orang yang sudah ditetapkan Komite sudah dipastikan akan diumumkan sebagai peserta konvensi yang baru akan diumumkan paling lama 31 Agustus. Sedangkan deklarasi proses konvensi akan dilakukan pada 15 September.

Rencananya, pemanggilan para calon akan dilanjutkan pada Selasa dan Rabu pekan depan. Pemanggilan Dino sengaja diatur lebih dulu agar tak menghalangi sang Dubes untuk kembali bertugas di Amerika Serikat. Selanjutnya, pada Selasa dan Rabu, 15 calon lainnya akan dipanggil bergiliran berdasarkan abjad. Satu hari dijadwalkan 7-8 orang sekaligus. "Paling satu orang butuh waktu sekitar satu jam," kata Rully.

Rully melanjutkan, 16 peserta konvensi merupakan hasil kombinasi antara 11 nama usulan dari Majelis Tinggi Demokrat ditambah nama lain yang sudah diseleksi Komite. Berdasarkan data yang Tempo peroleh, sesuai abjad, nama-nama yang akan diundang pada Selasa dan Rabu adalah: Ali Masykur Musa, anggota Badan Pemeriksa Keuangan; Anies Baswedan, Rektor Universitas Paramadina; Dahlan Iskan, Menteri Badan Usaha Milik Negara; Endriartono Sutarto, mantan Panglima TNI; Gita Wiryawan, Menteri Perdagangan; Irman Gusman, Ketua Dewan Perwakilan Daerah; dan Isran Noor, Bupati Kutai Timur.

Berikutnya ada nama Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden; Hayono Isman, anggota Dewan Perwakilan Rakyat; Mahfud Md., mantan Ketua Mahkamah Konstitusi; Marzuki Alie, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat; Pramono Edhie Wibowo, mantan KSAD; Rustriningsih, mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah; Rusdi Kirana, pengusaha; dan Sinyo Harry Sarundajang, Gubernur Sulawesi Utara.

IRA GUSLINA SUFA

Terhangat:

Konvensi Partai Demokrat | Suap SKK Migas | Sisca Yofie

Berita terkait:
Komite Konvensi Finalisasi Capres Demokrat
Gita dan Dahlan Bentuk Relawan untuk Capres
Komite Konvensi Sebar Undangan ke 16 Calon
Dahlan Iskan Didukung TB Silalahi di Bursa Capres?


Anda sedang membaca artikel tentang

Dino Patti Akan Ditanyai Hal Ini di Konvensi  

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/08/dino-patti-akan-ditanyai-hal-ini-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dino Patti Akan Ditanyai Hal Ini di Konvensi  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dino Patti Akan Ditanyai Hal Ini di Konvensi  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger