Pemudik Sepeda Motor Kuasai Jalur Pantura

Written By Unknown on Sabtu, 03 Agustus 2013 | 10.30

Sejumnlah warga perbatasan Indramayu-Subang yang berprofesi sebagai penyapu uang koin berebut uang koin dari pengendara yang melintas di jembatan sew, Jawa Barat, (1/8). Aksi ini menghambat laju pemudik dan membahayakan diri mereka. Tempo/Dian Triyuli Handoko

TEMPO.CO, Subang-- Arus mudik sepeda motor mulai menguasai jalur utama Pantai Utara (Pantura) Subang, Jawa Barat. Ribuan kendaraan roda dua yang datang dari arah Jakarta tersebut mengalir deras mulai dari Gamon di tapal batas Karwang hingga jembatas Sewo, Pusakanagara perbatassan dengan Indramayu.

Berdasarkan pemantaun Tempo, sepanjang Sabtu pagi, 3 Agustus 2013, arus pemudik bersepeda motor mulai menguasai ruas Pantura sejak subuh hingga pagi ini. Mereka ibarat rantai kendaraan yang tak pernah terputus terus berhimpitan dengan arus mudik kendaraan roda empat pribadi yang juga sudah ramai.

"Sejak subuh antrian pemudik sepeda motor dan mobil belum terputus," kata Kepala Polrees Subang, Ajun Komisaris Besar Chiko Ardwiatto, saat ditemui Tempo di pos pengamanan pasar Sukamandi.

Ia memprediksikan arus mudik dan roda empat akan terus mengalami kepadatan sampai Ahad, 4 Agustus 2013. "Tapi arusnya tetap ramai lancar," ujar Chiko. Menurutnya, dimulainya waktu libur yang cukup panjang telah mengurai arus mudik. "Karena pemudik tidak berangkat serempak."

Untuk mengatisipasi kemacetan, di pasar tumpah Sukamandi, misalnya, petugas gabungan polisi, TNI, dinas perhubungan, pramuka dan polisi sekolah, melakukan buka tutup arus manusia dan lalu-lintas lokal yang akan pergi dan pulang dari pasar termasuk arus mudik.

"Buka tutupnya dilakukan 15 menit sekali," ujar Fitri, seorang anggota pramuka yang bertugas mengatur buka tutup arus. Dengan cara itu

Kondisi arus mudik di jalur tengah Sadang-Subang-Cikamurang juga terpantau ramai lancar tetapi, mereka harus rela terperangkap kemacetan di pasar tumpah Cipeundeuy dan Kalijati.

"Tadi terperangkap macet di Cipeundeuy satu jaman," ujar Hendro, pemudikyang menggunakan mobil pribadi dengan tujuan Pacitan, Jawa Timur.

NANANG SUTISNA


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemudik Sepeda Motor Kuasai Jalur Pantura

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/08/pemudik-sepeda-motor-kuasai-jalur.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemudik Sepeda Motor Kuasai Jalur Pantura

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemudik Sepeda Motor Kuasai Jalur Pantura

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger