Perusahaan Rotan Milik Sutrisno Bachir Terbakar  

Written By Unknown on Minggu, 15 September 2013 | 10.31

TEMPO.CO, Slawi - Leman Rotan, perusahaan jasa poles rotan milik bekas Ketua Umum Partai Amanat Nasional Sutrisno Bachir di tepi jalur pantura wilayah Kelurahan Dampyak, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, terbakar, Ahad sekitar pukul 01.00 WIB, 15 September 2013.

Seluruh titik api baru dapat dipadamkan pukul 07.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Total kerugian diperkirakan mencapai seratusan juta rupiah. Hingga pukul 07.45 WIB, petugas pemadam masih menyiramkan air pada tumpukan rotan yang tampak mengepulkan asap.

"Mungkin karena hubungan pendek arus listrik," kata petugas jaga malam Leman Rotan, Warsono, 46 tahun. Setelah mencium bau asap menyengat ketika sedang berpatroli, Warsono kemudian melapor ke kantor pemadam kebakaran Kota Tegal.

Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Kota Tegal, Kusnodo, mengaku baru menerima laporan adanya kebakaran sekitar pukul 01.30 WIB. "Saat kami tiba di sini, api belum terlalu besar. Api baru membakar rotan di gudang penyimpanan bagian barat," Kusnodo menerangkan.

Namun, api saat itu tidak bisa langsung disemprot air dari truk pemadam. Sebab, gudang dan tempat pemolesan itu masih dialiri listrik sehingga membahayakan anggota pemadam. Proses pemadaman baru dimulai pukul 02.00 WIB setelah PLN setempat memadamkan listrik.

Selama menunggu pemadaman listrik sekitar 30 menit, Kusnodo menjelaskan, api dengan cepat menjalar ke ruang tengah dan ruang timur. "Semua ruangan berisi rotan. Pemadaman butuh waktu lama karena tumpukan rotannya cukup tinggi," ujar Kusnodo.

Proses pemadaman melibatkan tujuh truk pemadam kebakaran dari Kabupaten Tegal, Kota Tegal, dan Kabupaten Brebes. Selama lima jam, ketujuh truk pemadam itu bolak-balik mengisi air sampai lima kali. Sejumlah warga sekitar juga turut membantu proses pemadaman.

Perwakilan dari Leman Rotan, Udin Sanjaya, 45 tahun, mengatakan ada 68 ton rotan di gudang dan ruang pemolesan. "Ada 34 ton rotan yang sudah diproses dan 34 ton sisanya belum diproses. Hampir semua terbakar," kata Udin. Kebakaran itu juga menghanguskan puluhan mesin poles.

Udin menambahkan, Leman Rotan yang berdiri sejak Mei 1987 itu milik Sutrisno Bachir. "Di sini hanya jasa poles saja. Rotannya dari Surabaya. Setelah dipoles langsung dikirim ke Cirebon," terangnya. Dalam kondisi normal, Leman Rotan mampu memoles 200-300 ton rotan dalam sebulan.

DINDA LEO LISTY


Anda sedang membaca artikel tentang

Perusahaan Rotan Milik Sutrisno Bachir Terbakar  

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/09/perusahaan-rotan-milik-sutrisno-bachir.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Perusahaan Rotan Milik Sutrisno Bachir Terbakar  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Perusahaan Rotan Milik Sutrisno Bachir Terbakar  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger