Soetandyo, Dekan Pertama Fisip Unair Surabaya  

Written By Unknown on Senin, 02 September 2013 | 10.31

TEMPO.CO, Jakarta - Soetandyo Wignjosoebroto dilahirkan di Madiun pada 1932 dari pasangan Soekandar Wignjosoebroto dan Siti Nardijah. Soetandyo menyelesaikan studi sekolah menengah atas di Solo, kemudian belajar ilmu hukum di Universitas Airlangga, Surabaya.

Sebelum mendapatkan gelar sarjana, ia memperoleh beasiswa untuk belajar di Government Studies and Public Administration di University of Michigan, Amerika Serikat. Pada 1973, Soetandyo berkesempatan mengikuti Socio-Legal Theories and Methods di Marga Institute, Sri Lanka.

Ia adalah pendiri sekaligus dekan pertama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga. Pada 1993, ia menjadi anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia. Almarhum sudah menelurkan sejumlah buku, di antaranya Dari Hukum Kolonial ke Hukum Nasional dan Desentralisasi dalam Tata Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda.

Kedua buku itu merupakan hasil riset di Van Vollenhoven Institute, Leiden Universiteit, Belanda. Buku lainnya adalah Hukum: Paradigma dan Masalahnya. Selain menulis buku, Soetandyo aktif menulis berbagai artikel di jurnal ilmiah, surat kabar, maupun majalah, serta menjadi pembicara dalam berbagai diskusi maupun seminar.

Setelah pensiun sebagai pegawai negeri sipil pada 1997, hingga sebelum wafat ia masih mengajar teori sosial dan teori hukum di Universitas Airlangga sebagai guru besar Emeritus. Seperti dikutip dari Soetandyo.wordpress.com, selain di Universitas Airlangga, ia juga mengajar di Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, dan Universitas Pancasila Jakarta.

Hari ini, Senin, 2 September 2013, Soetandyo meninggal sekitar pukul 07.00 di Rumah Sakit Elizabeth Semarang. Jenazah sedang dalam proses pemulangan dari Semarang ke Surabaya untuk disemayamkan di rumah duka, Jalan Darmawangsa 3.

TRI ARTINING PUTRI


Anda sedang membaca artikel tentang

Soetandyo, Dekan Pertama Fisip Unair Surabaya  

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/09/soetandyo-dekan-pertama-fisip-unair.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Soetandyo, Dekan Pertama Fisip Unair Surabaya  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Soetandyo, Dekan Pertama Fisip Unair Surabaya  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger