Di Pengadilan, Satinah Mengaku Bunuh Majikannya

Written By Unknown on Selasa, 25 Maret 2014 | 10.30

Puluhan aktivis Serikat Keluarga dan Mantan Buruh Migran melakukan aksi unjuk rasa, di depan Istana Negara, Jakarta (19/3). Dalam aksi damai tersebut mereka menuntut Pemerintah bertanggung jawab membayar diyat 21 miliar untuk menyelamatkan Tenaga Kerja Wanita Satinah yang akan menghadapi eksekusi hukuman pancung di Arab Saudi karena terbukti membunuh majikannya. TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri, Tatang Budie Utama Razak, mengatakan Satinah binti Jumadi Amad, tenaga kerja indonesia asal Jawa Tengah, telah mengakui membunuh majikannya di Pengadilan Buraidah. 

Setelah membunuh majikannya, Satinah juga mengambil uang majikannya sebesar 37.970 riyal atau sekitar Rp 100 juta. "Fakta hukum di Pengadilan, dia (Satinah) mengakui mengambil uang setara Rp 119 juta," kata Tatang di Jakarta, 24 Maret 2014. (Baca: Cegah Eksekusi Satinah, SBY Surati Raja Saudi). 

Oleh karena itu, Pengadilan Buraidah menyatakan Satinah bersalah dan divonis hukuman mati. Di Pengadilan itu Satinah terbukti melakukan pembunuhan berencana. (Baca: Nasib Satinah di Tangan Ahli Waris Majikan). 

"Itu dalilnya, ibu Satinah itu membunuh direncanakan dan disengaja untuk menguasai barang Nura Al Gharib," kata Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Gatot Abdullah Mansyur.

Satinah binti Jumadi Amad bekerja sebagai penata laksana rumah tangga di Arab Saudi. Wanita asal Ungaran tersebut dinyatakan bersalah telah membunuh majikan perempuanya, Nura Al Gharib, 70 tahun, pada Juni 2007. (Baca pula: Dana Peduli Satinah Terkumpul Rp 103 Juta). 

RIZKI PUSPITA SARI
 


Anda sedang membaca artikel tentang

Di Pengadilan, Satinah Mengaku Bunuh Majikannya

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2014/03/di-pengadilan-satinah-mengaku-bunuh.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Di Pengadilan, Satinah Mengaku Bunuh Majikannya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Di Pengadilan, Satinah Mengaku Bunuh Majikannya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger