Koleksi Lukisan Soekarno di Istana Rusak Tak Terawat?

Written By Unknown on Jumat, 07 Maret 2014 | 10.31

Koleksi foto-foto Bung Karno di Yayasan Bung Karno (YBK) di Gedung Perintis Kemerdekaan, Jakarta, (19/06). Yayasan Bung Karno adalah pemegang hak cipta dari Ir Sukarno, meliputi karya-karya beliau seperti pidato, ceramah, tulisan, film, foto dan koleksi lainnya. Tempo/Dhemas Reviyanto

TEMPO.CO, Yogyakarta -Pengarang buku Bung Karno: Kolektor dan Patron Seni Rupa Indonesia, Mikke Susanto, mengatakan saat ini ada sekitar 16.000 koleksi seni milik Sekretariat Negara yang tersimpan di empat istana. Dari koleksi seni itu terdapat lukisan yang berjumlah 2.600 karya.

Dari jumlah lukisan tersebut, 2.000 di antaranya peninggalan bekas Presiden Soekarno atau Bung Karno. "Kami menemukan sebagian koleksi seni itu sudah rusak karena tidak terawat," ujar Mikke dalam peluncuran buku Bung Karno: Kolektor dan Patron Seni Rupa Indonesia di Gedung Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Kamis, 6 Maret 2014. (baca juga:Ribuan Surat Bung Karno ke Tokoh Dunia Dilacak)

Mikke menuturkan, mayoritas koleksi seni itu memang warisan Bung Karno. "Dia tidak membawanya menjadi milik pribadi saat keluar dari istana," kata Mikke. Menurut dia, perhatian pemerintah terhadap sejumlah koleksi seni tersebut benar-benar penting untuk pelestariannya.

Soalnya, sebagian koleksi seni itu rusak karena tidak terawat. Contohnya, lukisan karya Henk Ngantung, Gubernur DKI Jakarta saat Soekarno berkuasa, berjudul "Memanah" yang rusak dilumat ngengat karena medianya berupa kayu tripleks.

Mikke mengatakan koleksi-koleksi itu butuh tindakan duplikasi untuk yang sudah rusak. Sedangkan yang masih baik butuh segera ada perawatan. Dia juga menegaskan, hal yang penting, koleksi-koleksi tersebut sebaiknya dibuka untuk dinikmati publik karena Bung Karno tidak menganggapnya sebagai milik pribadi. "Agar masyarakat paham dan merasa memiliki karena Bung Karno sendiri ingin mewariskannya ke masyarakat Indonesia," kata dia.


ADDI MAWAHIBUN IDHOM

Berita terkait Sukarno
Ende, Tempat Sukarno Temukan Pancasila
Pohon 'Sukun Pancasila' Lengkapi Museum Gebang
Soekarno Jadi Nama Jalan di Sukoharjo

 

 


Anda sedang membaca artikel tentang

Koleksi Lukisan Soekarno di Istana Rusak Tak Terawat?

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2014/03/koleksi-lukisan-soekarno-di-istana.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Koleksi Lukisan Soekarno di Istana Rusak Tak Terawat?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Koleksi Lukisan Soekarno di Istana Rusak Tak Terawat?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger