Pengamat: Konvensi Demokrat Sulit Kejar Target

Written By Unknown on Sabtu, 01 Maret 2014 | 10.30

(kiri-kanan) Anis Baswedan, Pramono Eddi Wibowo, Endriarto Sutarto, Sinyo Harry Sarundajang, Gita Wirjawan serta Hayono Isman berdiri di atas panggung untuk berfoto bersama seusai acara Debat Bernegara Calon Presiden Konvensi Partai Demokrat 2014 di Convention Hall, Mall Grand City, Surabaya (13/2). TEMPO/Fully Syafi

TEMPO.CO, Jakarta -Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Indonesia, Ade Armando menyatakan proses konvensi yang tengah digelar Demokrat tak akan berhasil melambungkan nama salah satu calon presiden peserta konvensi. "Waktu yang tersisa tinggal sedikit. untuk berusaha mengejar elektabilitas dalam waktu dekat memang sulit," kata Ade saat dihubungi, Sabtu, 1 Maret 2014.

Menurut Ade, selama ini  proses panitia juga terkesan tak terlalu jor-joran dan "all out". Panitia hanya mengandalkan kemampuan masing-masing calon untuk mempromosikan diri. Padahal, proses konvensi ini bisa berpengaruh positif pada keterpilihan caleg Demokrat.

Demokrat juga dinilai belum menemukan format yang pas dalam melaksanakan konvensi. Selain itu Demokrat juga tengah berjuang melaksanakan proses politik yang tak melanggar konstitusi terutama dalam hal pendanaan. "Tak mudah bagi mereka untuk memobilisasi uang dari pemodal."

Kurangnya suntikan uang dari partai selama proses diyakini Ade menyebabkan kurang bergaungnya proses konvensi yang tengah berlangsung. Padahal pemilihan presiden tinggal enam bulan lagi. Sedangkan pemilihan capres dari Demokrat rencananya akan dilakuan tak lama setelah pemilihan legislatif, 9 April mendatang.

Berdasarkan sejumlah survei, sebelas calon presiden yang ikut konvensi belum memiliki elektabilitas yang tinggi. Dibandingkan calon presiden dari partai lain, elektabilitas caleg peserta konvensi masih di bawah rata-rata. Dari sebelas nama, hanya Gita Wirjawan dan Dahlan Iskan yang punya elektabilitas tinggi. (Baca: Soal Konvensi, Gita Wirjawan Pasrah)

IRA GUSLINA SUFA

Terpopuler:
Pemilik Rekening Gendut Jadi Wakapolri
Kisruh Risma-Wisnu, Mega dan Jokowi ke Surabaya
Diperiksa KPK, Anas Kembali Sebut SBY  


Anda sedang membaca artikel tentang

Pengamat: Konvensi Demokrat Sulit Kejar Target

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2014/03/pengamat-konvensi-demokrat-sulit-kejar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pengamat: Konvensi Demokrat Sulit Kejar Target

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pengamat: Konvensi Demokrat Sulit Kejar Target

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger