Pengungsi Syiah Kembali Dapat Jatah Makan

Written By Unknown on Selasa, 06 November 2012 | 10.30

Sejumlah perempuan dan anak-anak warga Syiah korban konflik SARA terpaksa mengungsi Gedung Olah Raga, Sampang, Madura, Senin, (8/27). TEMPO/Fully Syafi

Selasa, 06 November 2012 | 10:19 WIB

TEMPO.CO,Surabaya-Pemerintah Provinsi Jawa Timur akhirnya mencairkan kembali bantuan untuk pengungsi Syiah Sampang. Dana tunai sebanyak Rp 450 juta dikucurkan ke Pemerintah Kabupaten Sampang untuk membantu menyediakan makan gratis bagi seluruh pengungsi Syiah di Gedung Olah Raga Sampang. "Langsung kami transfer ke rekening Dinas Sosial Sampang," kata Sekretaris Daerah Jawa Timur, Rasiyo, kepada Tempo.

Pemerintah Sampang sebenarnya minta bantuan Rp 900 juta, namun baru separuhnya yang disetujui provinsi. Dana sebesar itu, rencananya diberikan untuk membantu kebutuhan makan pengungsi hingga tiga bulan kedepan. Selanjutnya, akan dievaluasi lagi apakah pemberian makanan gratis akan terus diberikan atau tidak.

Bantuan sebesar Rp 450 juta, kata Rasiyo, merupakan hasil kesepakatan dalam rapat di gubernuran hari Ahad lalu. Pemerintah juga sudah mengutus Kepala Dinas Sosial dan Biro Kesejahteraan Rakyat mengecek langsung kondisi pengungsi di Sampang pada hari itu.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Nurwiyatno mengatakan semula kebutuhan makan selama tiga bulan diperkirakan menelan dana Rp 355 juta. "Tapi ada kebutuhan lain sehingga digenapkan Rp 450 juta," kata Nurwiyatno.

Bantuan, kata dia, akan terus diberikan selama warga masih berada di lokasi pengungsian. Meski begitu, pemerintah Jawa Timur berharap pengungsi secepatnya mengambil tawaran hunian sementara. Selain menyediakan lahan, pemerintah juga akan membangunkan rumah semi permanen untuk menampung para pengungsi .

Usulan tersebut masih ditolak warga. Pengungsi Syiah tetap bertahan di lokasi pengungsian dan hanya bersedia pindah untuk kembali ke rumah asal mereka di dusung Nangnkernang, Omben, Sampang.

FATKHURROHMAN TAUFIQ

Berita Terpopuler:
Pemerasan BUMN: Upeti Rp 18 Miliar Merpati ke DPR  
Ini Nama Dua Anggota DPR yang Disebut Dahlan 
Dahlan Serahkan Dua Nama Peminta Upeti BUMN 
Proyek Eks Perusahaan Istri Anas Mangkrak 
Cerita Merpati Diperah DPR


Anda sedang membaca artikel tentang

Pengungsi Syiah Kembali Dapat Jatah Makan

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2012/11/pengungsi-syiah-kembali-dapat-jatah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pengungsi Syiah Kembali Dapat Jatah Makan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pengungsi Syiah Kembali Dapat Jatah Makan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger