Gempa Aceh, BNPB: Korban Tewas 32 Orang

Written By Unknown on Kamis, 04 Juli 2013 | 10.30

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan korban tewas akibat gempa di dua kabupaten Aceh  berjumlah 32 orang. Di Kabupaten Bener Meriah, korban tewas berjumlah 22 orang, sedangkan di Kabupaten Aceh Tengah berjumlah 10 orang.  "Kami terus mencari adanya korban yang kemungkinan masih tertimbun reruntuhan bangunan. Kami masih mendatanya hingga kini," kata Sutopo saat dihubungi, Kamis, 4 Juli 2013.

BNPB, kata Sutopo, kemarin menyalurkan bantuan masing-masing Rp 250 juta ke dua kabupaten tersebut. Di Kabupaten Bener Meriah, Sutopo memaparkan terdapat 249 orang menderita luka. Mereka ditangani di beberapa pusat kesehatan di antaranya 109 orang di Kabupaten Bener Meriah, 43 orang dirawat di Puskesmas Muyan Kute, 50 orang di Desa Pante Raya, dan 47 orang dirawat di Puskesmas Kelurahan Lampahan.

Mengenai jumlah rumah yang rusak, Sutopo mengatakan ada 537 unit rumah rusak berat dan 252 unit tergolong rusak ringan. Gempa ini, kata Sutopo, juga menyebabkan jalan rusak sebanyak tujuh titik dan delapan fasilitas umum berupa puskesmas, sekolah, masjid, dan kantor desa juga turut rusak di kabupaten tersebut.

Korban yang mengungsi di Kabupaten Bener Meriah tinggal di 15 titik pengungsian. "Di antaranya Kelurahan Lampahan sebanyak 345 kepala keluarga," ujarnya. (Baca: Korban Gempa Aceh Sesaki RSUD Takengon)

Sutopo mengatakan tenda yang digunakan para pengungsi belum memadai dan mereka kekurangan selimut. Ihwal pasokan makanan, Sutopo mengatakan jumlah yang diterima pengungsi mencukupi lantaran bantuan yang diberikan dibeli di pasar setempat. "Jika dikirim dari Jakarta dikhawatirkan terkendala transportasi," kata dia.

Sedangkan di Kabupaten Aceh Tengah, Sutopo mengatakan korban luka berat akibat gempa berjumlah 40 orang dan korban luka ringan sebanyak 100 orang. Gempa berkekuatan 6,2 skala richter itu mengakibatkan 103 unit fasilitas umum rusak dan korban diungsikan ke 20 titik pengungsian. Selain itu, ia mengatakan sebanyak 13 titik dari 15 titik yang rusak telah selesai diperbaiki.

Hingga saat ini, kata dia, listrik di dua kabupaten masih padam dan proses perbaikannya baru mencapai 40 persen. "Dalam dua hari akan mencapai 90 persen," kata dia.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 6,2 skala richter mengguncang Aceh pada Selasa lalu. Pusat gempa di daratan berada 35 kilometer barat daya Kabupaten Bener Meriah atau 50 km barat laut Kabupaten Aceh Tengah, Selasa sore 2 Juli 2013.

LINDA HAIRANI

Topik Terhangat
Tarif Progresif KRL |Bursa Capres 2014 |Ribut Kabut Asap| PKS Didepak?

Berita Terpopuler:

 Ada SBY, Tepuk Tangan Meriahnya untuk Jokowi

Ini Alasan Terdakwa Cebongan Mengakui Perbuatannya

Ada Boneka Barbie Bertubuh Proporsional di Amerika  

Saran Bank Dunia: Naikkan Lagi Harga BBM  

Peneliti Jepang Temukan Cara Atasi Gigi Berlubang  

Dianiaya Kopassus, Gigi Sipir Cebongan Rusak  


Anda sedang membaca artikel tentang

Gempa Aceh, BNPB: Korban Tewas 32 Orang

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/07/gempa-aceh-bnpb-korban-tewas-32-orang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gempa Aceh, BNPB: Korban Tewas 32 Orang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gempa Aceh, BNPB: Korban Tewas 32 Orang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger