Kota Inspirasi SBY Dirancang Arsitek Jepang

Written By Unknown on Rabu, 18 Desember 2013 | 10.30

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membenarkan posisi kacamatanya saat akan memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta (20/11). Keterangan pers terkait perkembangan kasus penyadapan yang dilakukan Australia terhadap Presiden SBY dan sejumlah petinggi negara lainnya. TEMPO/Subekti.

TEMPO.CO, Jakarta--Tatanan kota Astana dirancang oleh arsitek terkenal asal Jepang yang ternama Kisho Kurokawa. Karya-karyanya antara lain Museum Van Gogh di Amsterdam, Belanda, Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia serta Museum-Ethnological Nasional di Osaka, Jepang.

Astana merupakan kota yang menjadi inspirasi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggulirkan wacana pemindahan ibukota. (Baca juga: Kota yang Menginspirasi SBY Pindahkan Ibukota)

Untuk Astana, Kurokawa memasukkan gagasan Nazarbayez untuk membangun kota EuroAsia, yakni kebudayaan Timur bertemu dengan budaya Barat.

"Tender dimenangkan arsitek Jepang, Kurakawa, bagian kota lama yang sudah ada dari masa Soviet sedikit direnovasi, tidak dihancurkan melainkan dimodernisasi, lalu kota baru dibangun dari nol," kata Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia Askhat T. Orazbay beberapa waktu lalu.

Terdapat 71 kota yang berpartisipasi dalam pembangunan Astana, dan melibatkan 432 perusahaan konstruksi, serta 135 pabrik untuk menyediakan bahan bangunan yang diperlukan.

Seiring dengan perusahaan-perusahana Kazakhstan, Ibukota baru juga dibangun perusahaan Turki, Italia, Prancis dan Swiss. Setiap tahun sebany ak 60 hingga 100 proyek konstruksi skala menengan dan besar dilaksanakan dan dioperasikan. Dukungan yang luas menghasilkan kota modern yang unik dengan corak padang stepa Kazakhstan.

Astana juga menjadi ajang uji kreatif arsitek terkemuka Inggris, Norman Foster yang terkenal dengan Jembatan Millenium-nya di London, Bandara Bejing dan Bundestag, Berlin Jerman. Foster lalu merancang Istana Perdamaian Astana dan Accord, yang dianggap gedung unik. Tim Foster juga merancang pusat hiburan baru di Astana yang disebut "Khan Shatyr".

NATALIA SANTI

Berita populer:

Atut Tersangka, Golkar: Tiada Maaf bagimu
KPK Resmi Tetapkan Atut sebagai Tersangka
Atut Tersangka, Rano Karno Disiapkan Jadi Gubernur
Terkait Suap MK, Atut Bertemu Akil di Singapura


Anda sedang membaca artikel tentang

Kota Inspirasi SBY Dirancang Arsitek Jepang

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2013/12/kota-inspirasi-sby-dirancang-arsitek.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kota Inspirasi SBY Dirancang Arsitek Jepang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kota Inspirasi SBY Dirancang Arsitek Jepang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger