Asap di Riau, Kepala Desa Perambah Hutan Ditangkap

Written By Unknown on Minggu, 16 Maret 2014 | 10.31

Petugas pemadam kebakaran menyemprot air untuk memadamkan api yang membakar hutan di Dumai, Riau, (4/3). Indonesia. Kebakaran htan menyebabkan asap menyelimuti beberapa kota di Riau dan Sumatera Barat. Oscar Siagian/Getty Images

TEMPO.COPekanbaru - Kepolisian Daerah Riau menangkap Kepala Desa Bukit Kerikil, Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis, berinisial SI. Tersangka diduga menjual dan merambah lahan di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis. "Pelaku saat ini diamankan di Kepolisian setempat," kata Kepala Polda Riau, Condro Kirono, kepada wartawan, Ahad, 16 Maret 2014. (HutanTerbakar, SBY Panggil Pengusaha Pemegang HPH).

Penyidik menuding SI terlibat dengan ketua koperasi SPTI GS, yang sudah tertangkap sebelumnya. Dalam kerja sama itu, mereka melakukan jual beli lahan, kemudian merambah serta membakarnya. "Ada lima cukong lagi yang masih menjadi buronan polisi," kata Condro. "Polisi masih mendalami keterlibatan pemodal lainnya di balik terbakarnya lahan Cagar Biosfer Giam." (Baca juga: Hujan di Riau Hasil Modifikasi Cuaca).

Hingga kini, penyidik sudah menetapkan 60 tersangka pembakar lahan di Riau. Pelaku berasal dari masyarakat dan pemilik modal. Kemudian satu korporasi yang sudah menjadi tersangka yakni PT NSP di Kepulauan Meranti.

Para tersangka tersebar di beberapa kepolisian resor. Seperti Kepolisian Resor Bengkali yang menangani 16 tersangka; Siak, lima tersangka; Rokan Hilir, 18 tersangka; Pelalawan, lima tersangka; Meranti, dua tersangka; Dumai, empat tersangka; Indra Giri Hilir, tiga tersangka; Pekanbaru tiga tersangka; dan Kepolisian Daerah Pekanbaru, empat orang. (Baca juga: Penerbangan Bandara Pekanbaru Kembali Normal).

Sebelumnya, perambahan liar dan pembakaran lahan di Cagar Biosfer Giam juga melibatkan satu anggota TNI AD, Sersan Mayor SD. Tersangka yang merupakan pemain lama dalam kasus ilegal logging ditangkap oleh Detasemen Polisi Militer Pekanbaru, di Medan. "Saat ini sudah kami tahan, penyidik masih mendalami penyelidikan untuk mengetahui keterlibatan pihak lain," kata Komandan Denpom Mayor CTM, Tugino.

RIYAN NOFITRA

Terpopuler:
Kata Media Asing Ihwal Pencalonan Jokowi
GP Ansor: Jokowi Insipirasi Anak Muda NU
Usai Deklarasi Capres, Caleg PDIP Dompleng Jokowi
Cari MH-370, TNI AU Tetap Siagakan Pesawat Intai
Kenapa Marzuki Alie Bela Dewan Pengawas TVRI?

 


Anda sedang membaca artikel tentang

Asap di Riau, Kepala Desa Perambah Hutan Ditangkap

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2014/03/asap-di-riau-kepala-desa-perambah-hutan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Asap di Riau, Kepala Desa Perambah Hutan Ditangkap

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Asap di Riau, Kepala Desa Perambah Hutan Ditangkap

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger