Bawaslu Jawa Barat Rekrut Ribuan Relawan  

Written By Unknown on Selasa, 18 Maret 2014 | 10.31

Seorang petugas menggunakan telepon genggam dalam persiapan acara Deklarasi Kampanye Pemilu berintegritas dan pawai/ karnaval kendaraan hias parpol di lapangan Monumen Nasional (15/3). Deklarasi ini merupakan deklarasi pemilu damai yang diadakan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Tempo/Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Bandung - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Barat menjaring ribuan relawan untuk mengawasi tempat pemungutan suara (TPS) pemilihan legislatif pada 9 April 2014. Relawan itu digaet karena jumlah pengawas pemilihan umum lapangan (PPL) kurang dibanding jumlah TPS yang harus dijaga.

"Jumlah relawan yang mendaftar sekarang 148 ribu orang, hampir merata di semua daerah di Jawa Barat," kata ketua kelompok kerja Gerakan Sejuta Relawan Bawaslu Jabar, Wasikin Marzuki, Senin, 17 Maret 2014.

Jumlah relawan yang terdaftar itu sudah lebih dari cukup untuk mengawasi 90.815 TPS di Jawa Barat. Adapun petugas resmi yang wajib mengawasi TPS, yaitu PPL, jumlahnya hanya 13.929 orang se-Jawa Barat. Jika tidak ditambah relawan, seorang petugas PPL harus mengawasi tujuh-delapan TPS dari proses pencoblosan dimulai sampai selesai. "Sangat tidak mungkin PPL harus mengawasi TPS sebanyak itu," katanya.

Pendaftaran pengawas TPS dari kalangan relawan telah dibuka melalui website Bawaslu pusat dan Jawa Barat, juga melalui petugas panitia pengawas kecamatan (panwascam) serta PPL. Bawaslu Jabar nanti akan mengeluarkan kartu tanda pengenal bagi para relawan. Di TPS, kata Wasikin, relawan pengawas pemilu tidak masuk dan duduk di dalam seperti para saksi partai politik. Posisi mereka di luar TPS supaya bisa leluasa bergerak mengawasi sekitar TPS.

Selain mengawasi jalannya pemungutan suara, relawan mencatat hasil perolehan suara di TPS hingga mengikuti kotak suara ke kelurahan atau desa. Hasilnya disampaikan ke petugas PPL atau panwascam. Relawan, kata Wasikin, bisa juga menjadi saksi sengketa pada kasus dugaan adanya kecurangan. "Relawan berasal dari berbagai kalangan. Relawan harus bukan partisan partai, seperti mahasiswa dan pelajar," ujarnya.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Padjadjaran Donny Fajar Ramadhan membenarkan adanya mahasiswa yang ikut sebagai relawan pengawas Pemilu. BEM Jawa Barat sepakat ikut menjadi relawan dengan membuka pendaftaran lewat media sosial yang ditutup akhir Februari lalu. "Dari mahasiswa Unpad sendiri yang ikut 100 orang lebih," ujarnya. Mahasiswa juga menyerukan agar warga tidak menjadi golongan putih atau tidak memilih dalam pemilu nanti.

ANWAR SISWADI

Terpopuler:
Pesan Lengkap Elite Demokrat Soal Jokowi
Malaysia Airlines Terbang Rendah Hindari Radar
Anggun dan Andien di Pernikahan Anak Sekretaris MA  


Anda sedang membaca artikel tentang

Bawaslu Jawa Barat Rekrut Ribuan Relawan  

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2014/03/bawaslu-jawa-barat-rekrut-ribuan-relawan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bawaslu Jawa Barat Rekrut Ribuan Relawan  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bawaslu Jawa Barat Rekrut Ribuan Relawan  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger