Hutang Darah RSUD Tasikmalaya Rp 1,3 Miliar

Written By Unknown on Minggu, 09 Maret 2014 | 10.31

TEMPO.CO , Tasikmalaya - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tasikmalaya terancam tak mendapat kiriman darah dari Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Cabang Tasikmalaya. Sebabnya rumah sakit belum membayar hutang pembelian darah ke PMI sebesar Rp 1,3 miliar.

Direktur Utama RSUD Tasikmalaya, Wasisto, menjanjikan jika dana dari Badan Peneyelenggara Jaminan Sosial cair  akan membayar hutang untuk dua bulan dulu. "Kalau Kemenkes cair setengahnya saya bayar hutang setengahnya, kalau Kemenkes melunasi hutang saya lunasi," katanya, Sabtu 8 Maret 2014. (Baca : Klaim RSUD Tasikmalaya Tersendat di Kemenkeu)

Wasisto meminta PMI tetap memasok darah ke rumah sakit. Karena pengolahan darah hanya dikerjakan PMI. "Tidak ada PMI swasta. Kalau obat masih bisa, tidak ada di perusahaan A bisa beli di perusahaan B. Kalau nggak ada pasokan darah dari PMI wah bahaya,"  ujarnya.

Dia meminta PMI maklum dengan kondisi rumah sakit yang tengah krisis keuangan. "Bukan kami tidak mau bayar, kami sedang tidak ada duit," katanya. (Baca : Klaim Telat, RSUD Tasik Berutang Rp 30 Juta/hari)

Ketua PMI Cabang Tasikmalaya, Tata T. Rachman, mengatakan dampak belum dibayarnya hutang adalah terhambatnya operasional UDD. Operasional mobil unit donor darah perlu biaya, pemeriksaan atau cek darah di laboratorium, dan pembelian kantong darah juga memerlukan biaya. "Jadi terhambat," ujar dia.

Jika RSUD Tasik tak kunjung membayar hutang, kata Tata, pihaknya akan menempuh dua opsi yakni menghentikan operasional UDD dan memungut Biaya Pengganti Pengolahan Darah (BPPD) kepada semua pasien yang butuh darah.

Tata menjelaskan BPPD bukan biaya jual beli darah, melainkan biaya pengolahan darah, karena darah harus melalui serangkaian pengecekan medis sebelum bisa dipakai pasien yang membutuhkan.

CANDRA NUGRAHA

Terpopuler
Tersangka Pembunuh Ade Sara : Saya Sakit Hati
Hafitd Ternyata Sewa Hacker Retas Akun Twitter Ade Sara
Jenazah Ade Sara Sempat Disimpan di Mobil


Anda sedang membaca artikel tentang

Hutang Darah RSUD Tasikmalaya Rp 1,3 Miliar

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2014/03/hutang-darah-rsud-tasikmalaya-rp-13.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hutang Darah RSUD Tasikmalaya Rp 1,3 Miliar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hutang Darah RSUD Tasikmalaya Rp 1,3 Miliar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger