Kata Media Asing tentang Pencalonan Jokowi

Written By Unknown on Sabtu, 15 Maret 2014 | 10.31

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, seusai mengumumkan menjadi Capres PDIP, di Rumah Pitung, Marunda, Jakarta Utara, (14/3). Pencalonan Jokowi sebagai presiden menjadi sentimen positif yang menggerakkan rupiah dan pasar. TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO, Jakarta - Media asing juga ramai memberitakan pencalonan Joko Widodo sebagai presiden Republik Indonesia 2014-2019. Sydney Morning Herald, menyebut pria yang akrab disebut Jokowi ini sebagai 'pemain baru' dalam peta politik Indonesia namun dengan cepat membetot perhatian rakyat.

Media ini menyebut salah satu yang membuatnya dengan cepat populer adalah gayanya yang disebut media ini sebagai "serba bisa". "Ini memesona banyakpemilih nantinya, mulai dari kalangan bawah hingga kelas menengah," tulis media ini.

Pencalonan Jokowi, tulis media ini, juga mengancam perolehan suara para calon lainnya. 'Korban terbesar', menurut media ini, adalah kandidat dari partai Gerindra, mantan jenderal Prabowo Subianto, yang sebelumnya merupakan favorit untuk menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono.

Pemilihan presiden akan diadakan pada bulan Juli , dengan putaran kedua pada bulan September jika tidak ada calon yang menang mutlak. Sejauh ini berada dalam posisi teratas jajak pendapat. Sydney Morning Herald memprediksi dia bakal menang pada putaran pertama.

Menuliskan berita pencalonan Jokowi dalam laman online-nya, New York Times menyebut pria asal Solo ini merupakan "fenomena" dalam peta politik Indonesia. Ia dengan cepat menarik perhatian rakyat dan dunia ketika memenangi pencalonan gubernur DKI Jakarta, mengalahkan dominasi  calon inkumben dan didukung partai besar lainnya."Dia juga dikenal sebagai tokoh yang bersih," tulis media ini.

Media lain, The Financial Today menyebut gaya membumi Jokowi dengan cepat meraih simpati rakyat, persis sama seperti popularitas Barack Obama pada pemilihan preisden Amerika Serikat pertama kalinya. Namun, tulis media ini, yang lain lain melihatnya lebih mirip sebagai Ronald Reagan atau George W Bush-nya Indonesia.

"Ia terlihat seperti orang kebanyakan," tulisnya. "Yang bisa dengan santai makan mie di pinggir jalan."

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi menyatakan sudah mendapat mandat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk menjadi calon presiden. "Saya siap menerima mandat," ujar Jokowi di rumah Si Pitung, dekat Rusun Marunda, Jakarta, Jumat, 14 Maret 2014. "Bismillahirrahmanirrahim, saya siap."

Penegasan Jokowi itu dilakukan tepat pukul 14.40 WIB, atau sepulangnya dari blusukan di kawasan Marunda, Jakarta Utara. Tak lama setelah mengucapkan kalimat itu, Jokowi langsung mencium bendera merah-putih.

SMH | FT | NEW YORK TIMES | TRIP B


Anda sedang membaca artikel tentang

Kata Media Asing tentang Pencalonan Jokowi

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2014/03/kata-media-asing-tentang-pencalonan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kata Media Asing tentang Pencalonan Jokowi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kata Media Asing tentang Pencalonan Jokowi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger