Tsunami di Cile, Nelayan Pacitan Tetap Melaut

Written By Unknown on Kamis, 03 April 2014 | 10.30

TEMPO.CO, Pacitan - Para nelayan pesisir pantai di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur tetap melaut meski gempa bumi disertai tsunami di Chile diprediksi  meluas hingga ke perairan Indonesia pada Kamis pagi ini. "Aktivitas nelayan tetap normal," kata ketua II Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Cabang Pacitan Hartono, saat dihubungi Tempo, Kamis, 3 April 2014.

Menurut dia, nelayan yang menggunakan kapal mesin berkapasitas kecil tetap berangkat melaut pagi tadi. Sedangkan  nelayan yang menggunakan kapal mesin berkapasitas besar yang sudah berada di tengah laut tidak menepi ke pelabuhan. "Karena dampak tsunami tidak terlihat di perairan Pacitan seperti yang diperkirakan sebelumnya, gelombang air lautjuga  tidak tinggi," ujar Hartono.

Meski begitu,  petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan tetap mewaspadai dampak tsunami yang diprediksi merembet ke perairan selatan Jawa. Semalam, mereka menyampaikan sosialisasi tentang potensi terjadinya bencana alam tersebut kepada warga di tujuh wilayah kecamatan pesisir, yaitu Donorojo, Pringkuku, Pacitan, Kebonagung, Ngadirojo, Tulakan dan Sudimoro. "Kami himbau agar warga tidak panik dan tetap waspada," kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Pacitan Ratna Budiono.

Menurut dia, himbauan  itu  mampu meredam kekhawatiran warga sehingga mereka tidak mengungsi ke perbukitan. Perkembangan informasi terkini tentang gempa bumi yang berpotensi tsunami terus disampaikan kepada warga melalui relawan yang tersebar di tujuh wilayah kecamatan. "Informasi disampaikan melalui sms dan radio komunikasi," kata Ratna.

Di wilayah Kecamatan Pacitan ada beberapa titik evakuasi yang disiapkan di antaranya, perbukitan di Lingkungan Jaten, Kelurahan Sidoharjo, Desa Sedeng, Desa Mentoro, dan Sedeng. Untuk menuju ke lokasi tersebut telah dipasang petunjuk arah dari pemukiman.

NOFIKA DIAN NUGROHO

Topik terhangat:
MH370 | Kampanye 2014 | Jokowi | Prabowo | Lumpur Lapindo

Berita terpopuler:
Macam-macam Teror ke Jokowi 
Habibie Perkenalkan Pesawat R80 Rancangannya
Heboh Agnes Pakai 'Popok' di Klip Coke Bottle


Anda sedang membaca artikel tentang

Tsunami di Cile, Nelayan Pacitan Tetap Melaut

Dengan url

http://nasionalitas.blogspot.com/2014/04/tsunami-di-cile-nelayan-pacitan-tetap.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tsunami di Cile, Nelayan Pacitan Tetap Melaut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tsunami di Cile, Nelayan Pacitan Tetap Melaut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger